Terjerat Kasus, Rumah Mewah Rafael Alun di Jogja Tampak Sepi

Aset ayah Mario Dandy Satrio jadi sorotan

Yogyakarta, IDN Times - Pasca kasus penganiayaan dan pamer harta kekayaan yang dilakukan Mario Dandy Satrio (20), anak pejabat Direktorat Jenderal Pajak, Rafael Alun Trisambodo, harta kekayaan keluarga ini menjadi sorotan publik. Sejumlah aset milik keluarga Rafael juga disebut berada di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). 

Salah satu yang menjadi sorotan yaitu rumah mewah yang berada di Jalan Ganesha 2/12, Muja Muju, Umbulharjo, Yogyakarta. Rumah yang dikelilingi pagar tembok setinggi 4 meter tersebut diperkirakan seluas 2 ribu meter persegi.

1. Rumah disinggahi saat liburan

Terjerat Kasus, Rumah Mewah Rafael Alun di Jogja Tampak SepiRafael Alun Trisambodo /(screenshoot video)

Tokoh masyarakat setempat, Sugiarto membenarkan bahwa rumah tersebut milik Rafael. Biasanya keluarga Rafael datang ke rumah yang berlokasi di Yogyakarta ini saat liburan. "Iya (rumah milik Rafael). Pas hari besar, hari libur besar (Rafael dan keluarga ke rumah yang ada di Yogyakarta)," kata Sugiarto, Senin (27/2/2023).

Setelah viral kasus penganiayaan yang dilakukan Mario dan pamer harta kekayaan, berdasar yang diketahui Sugiarto bahwa belum ada keluarga Rafal yang datang ke rumah yang ada di Yogyakarta ini. Rumah tersebut hanya dijaga oleh asisten rumah tangga sekitar 2-3 orang. KTP Rafael juga tercatat bukan sebagai warga Yogyakarta, melainkan tetap Jakarta.

2. Rumah dulu terkadang disinggahi Mario

Terjerat Kasus, Rumah Mewah Rafael Alun di Jogja Tampak SepiSosok MDS pelaku pengeroyokan anak pengurus GP Ansor (IDN Times/Amir Faisol)

Sugiarto juga mengatakan dulu rumah Rafael yang berada di Yogyakarta tersebut terkadang disinggahi oleh Mario, yang sempat mengenyam pendidikan di SMA Taruna Nusantara, Magelang. Rumah tersebut sebagai tempat transit saat Mario liburan. 

Sugiarto mengungkapkan rumah milik Rafael juga terbilang paling luas di antara rumah lain di sekitar lingkungan tersebut. "Sini rata-rata segini ini (luasnya) 300--400 meter persegi," ujar Sugiarto.

Dikatakan Sugiarto rumah milik Rafael sekitar 2 ribu meter persegi tersebut dulu dibeli saat masih berupa tanah kosong. Rafael membeli sekitar tahun 2015, sementara rumah dibangun sekitar 2-3 tahun lalu. "Dulu masih murah, waktu itu Rp1,5 juta per meter, tanah saja. Beli sudah lama," kata Sugiarto. 

Sementara saat ini harga jual tanah di kawasan tersebut diperkirakan sudah mencapai Rp6 juta. "Sini relatif ada Rp6 juta atau berapa per meter (harga untuk jual tanah saat ini). Sementara NJOP (Nilai Jual Objek Pajak) Rp5 juta," ujar Sugiarto.

Baca Juga: Pengunduran Diri Rafael Alun Diduga untuk Hindari Proses Hukum

3. Pertemuan keluarga diwakili ART

Terjerat Kasus, Rumah Mewah Rafael Alun di Jogja Tampak SepiIlustrasi Rumah. (IDN Times/Aditya Pratama)

Salah seorang petugas keamanan di lingkungan rumah Rafael, Bowo mengungkapkan bahwa dia juga tidak pernah bertemu dengan Rafael sejak ia bertugas. Saat ada kegiatan atau rapat/ kumpulan warga pun yang mewakili ART-nya Rafael.

"Sudah enam bulan bertugas, tidak pernah bertemu (Rafael). Paling cuma pembantunya (yang bertemu)," kata Bowo.

Baca Juga: Diduga Milik Keluarga Mario, Kafe Bilik Kayu Jogja Banjir Hujatan   

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya