Sultan: Jangan Sampai Mahasiswa Terdampak Gempa Cianjur DO

Mahasiswa Cianjur di DIY banyak yang terdampak gempa 

Yogyakarta, IDN Times - Dampak bencana gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat, dirasakan banyak pihak. Para mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pun turut merasakan dampaknya.

Selain mengirimkan langsung bantuan ke lokasi bencana. Sejumlah upaya pun coba dilakukan oleh Pemda DIY untuk membantu para korban yang secara tidak langsung turut merasakan dampak bencana ini.

1. Ada 107 mahasiswa terdampak

Sultan: Jangan Sampai Mahasiswa Terdampak Gempa Cianjur DOPengiriman bantuan korban gempa di Cianjur. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, menyebut saat ini sudah ada 107 mahasiswa asal Cianjur korban gempa bumi, yang sedang menempuh pendidikan di DIY. Dikatakan Sultan, orangtua dari 107 mahasiswa tersebut tidak bisa mengirim uang untuk biaya hidup.

"Orangtua tidak bisa kirim uang lagi. Kita sudah punya daftar by name by address. Minta kampus meringankan beban mereka. Living cost kita partisipasi, seperti bencana di tempat lain," ujar Sultan, di Kantor BPBD DIY, Jumat (2/12/2022).

Baca Juga: Pemda DIY Kirim Bantuan bagi Korban Gempa Cianjur

2. Jangan sampai putus kuliah

Sultan: Jangan Sampai Mahasiswa Terdampak Gempa Cianjur DOIlustrasi mahasiswa (IDN Times/Galih Persiana)

Sultan menghimbau jangan sampai 107 mahasiswa yang terdampak gempa bumi tersebut tidak dikeluarkan. "Jadi jangan sampai 107 orang itu drop out. Ini (bantuan) sudah rutin kita lakukan, kalau wilayah lain ada gempa," kata Sultan.

Sultan mengatakan setelah ada data 107 mahasiswa tersebut, bukan berarti pendataan berhenti. Namun, bagi yang merasa warga Cianjur dan sedang menempuh pendidikan di DIY masih bisa didaftar. "Tapi data-data saat ini ada 107 itu coba ditangani. Kalau enggak, arep mangan opo (mau makan apa). Itu yang kita lakukan," ucap Sultan.

3. Dampak dirasakan bermacam-macam

Sultan: Jangan Sampai Mahasiswa Terdampak Gempa Cianjur DOKepala Dinas Sosial (Dinsos) DIY, Endang Patmintarsih. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo).

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) DIY, Endang Patmintarsih, juga mengatakan 107 merupakan data yang sudah masuk. Namun, jika ada ada yang belum terdaftar bisa diinformasikan ke Dinsos DIY.

"Yang tadi disampaikan pak Gubernur bebas kuliah. Nanti juga ketika mereka terdampak, orangtuanya mereka, jangan sampai tidak bisa makan. Nanti rencananya dalam bentuk uang untuk bulanannya," ujarnya.

Dampak yang dirasakan mahasiswa yang ada di DIY itu bermacam-macam. Ada yang orangtuanya meninggal, rumah rusak, ada yang orangtuanya belum bisa bekerja, dan masih berada di pengungsian.

Baca Juga: Kesamaan Gempa Cianjur dan Gempa Jogja 2006, Timbulkan Kerusakan Besar

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya