Sleman Miliki Kawasan Sehat Komoditas Telur Ayam Ras    

Telur diharapkan minimalkan angka stunting di Sleman

Sleman, IDN Times - Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan mencanangkan Kawasan Pertanian Sehat Komoditas Telur Ayam Ras, di CV Sinar Permata, Kedung Sriti, Umbulharjo, Cangkringan, Rabu (27/9/2023). 

Saat ini Kabupaten Sleman memiliki potensi pertanian pada komoditas ayam ras yaitu populasi ayam ras petelur sebanyak 1.850.433 ekor dengan jumlah produksi 14.527,5 ton dari 184 pengusaha.

1. Gunakan bahan ramah lingkungan

Sleman Miliki Kawasan Sehat Komoditas Telur Ayam Ras    Pencanangan Kawasan Pertanian Sehat Komoditas Telur Ayam Ras, CV Sinar Permata, Kedung Sriti, Umbulharjo, Cangkringan, Rabu (27/9/2023). (Dok. Istimewa)

Bupati Sleman Kustini mengatakan, proses produksi yang dilakukan menggunakan bahan yang ramah lingkungan sehingga hasilnya aman untuk dikonsumsi.  

“Pertanian Sehat merupakan pertanian yang menanamkan karakter 'sehat' dalam setiap bagiannya baik input, proses, ouput, maupun petaninya sebagai pelakunya. Karena dalam proses produksinya menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan, sehingga kelestarian lingkungan disekitarnya akan terjaga dengan baik dan hasilnya juga sehat untuk dikomsumsi,” kata Kustini.

 

2. Telur dapat meminimalkan angka stunting di Sleman

Sleman Miliki Kawasan Sehat Komoditas Telur Ayam Ras    Ilustrasi pertumbuhan anak stunting (pexels)

Untuk komoditas telur, jumlah produksi di Sleman mencapai 14.527,5 ton. Dengan potensi yang besar ini, telur ayam di Sleman layak dikembangkan menjadi pertanian sehat khususnya untuk komoditas telur ayam ras. 

“Dimulai dari komoditas telur ini, diharapkan dapat mencukupi kebutuhan protein hewani masyarakat sehingga sangat mendukung upaya kita dalam menurunkan angka stunting di Kabupaten Sleman,” ujarnya.

Baca Juga: Stabilkan Harga Pangan di Sleman, Bulog Gelar 2 Kali Operasi Pasar

3. Dibutuhkan pertanian yang sehat

Sleman Miliki Kawasan Sehat Komoditas Telur Ayam Ras    ilustrasi telur ayam (IDN Times/Melati Pramesthi)

Sementara Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Sleman, Suparmono mengatakan untuk mewujudkan pertanian yang sehat khususnya komoditas telur ayam ras, dibutuhkan peternakan ayam petelur yang sehat yaitu dengan menerapkan biosecurity 3 zona. Biosecurity 3 zona adalah zona merah, zona kuning, dan zona hijau dalam upaya mencegah masuknya bibit penyakit. 

Baca Juga: Kabut Tebal, Nelayan Pantai Samas Bantul Gagal Melaut

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya