Simak Rekayasa Lalu Lintas saat Wayang Jogja Night Carnival

Kawasan Tugu ditutup, cek jalur-jalur alternatifnya

Yogyakarta, IDN Times - Pemerintah Kota Yogyakarta akan menggelar Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) sebagai puncak HUT ke-267 Kota Yogyakarta, yang berpusat di kawasan Tugu Pal Putih, Sabtu (7/10/2023). Sejumlah ruas jalan yang ada di sekitar Tugu Pal Putih pun akan dilakukan pengaturan.

Kasat Lantas Polresta Jogja, AKP Maryanto mengatakan ada rekayasa lalu lintas di empat titik. "Pertama di Jalan Jenderal Sudirman, Jalan AM Sangaji, Jalan Pangeran Diponegoro, dan Jalan Margoutomo," kata AKP Maryanto, Jumat (6/10/2023).

1. Rekayasa lalu lintas sejak sore

Simak Rekayasa Lalu Lintas saat Wayang Jogja Night CarnivalIlustrasi. Wayang Kapi-Kapi di Wayang Jogja Night Carnival (WJNC). (IDN Times/Holy Kartika)

Maryanto menjelaskan, rekayasa lalu lintas akan berlangsung sejak pukul 15.00 WIB hingga WJNC selesai atau di malam hari. Ia juga menghimbau warga yang akan berpergian untuk menghindari sekitar Tugu Pal Putih.

"Untuk pengalihan arus lalu lintas di simpang empat Pingit (Jetis Jalan Pangeran Diponegoro), simpang empat Jetis (Jalan AM Sangaji). Simpang tiga Terban, dan simpang empat Gramedia (Jalan Jenderal Sudirman)," ujar Maryanto.

2. Jalur-jalur alternatif

Simak Rekayasa Lalu Lintas saat Wayang Jogja Night CarnivalIlustrasi. Wayang Kapi-Kapi di Wayang Jogja Night Carnival (WJNC). (IDN Times/Holy Kartika)

Jalur-jalur alternatif disebut Maryanto juga telah disiapkan. Sejumlah personel juga ditempatkan di titik-titik yang menjadi lokasi pengalihan arus lalu lintas, untuk membantu mengarahkan pengendara.

Jalur alternatif untuk dari arah utara dapat melalui Jalan Magelang dan Jalan Gejayan ke selatan. Dari arah timur pengendara bisa masuk ke Kota Jogja melalui Gedongkuning dan berlanjut ke Jalan Kusumanegara. Sementara dari arah barat, bisa melalui Jalan Wates.

Baca Juga: 8 Ribu Tiket Wayang Jogja Night Carnival Ludes Terjual 

3. Seputar WJNC 2023

Simak Rekayasa Lalu Lintas saat Wayang Jogja Night CarnivalIlustrasi. Wayang Kapi-Kapi di Wayang Jogja Night Carnival (WJNC). (IDN Times/Holy Kartika)

Sebelumnya diketahui gelaran WJNC tahun ini dilakukan berbeda dari tahun sebelumnya, masyarakat maupun wisatawan yang hadir akan disediakan tempat duduk sebanyak 200 kursi dan bisa bertambah, agar dapat menikmati pertunjukan dengan nyaman dengan membeli tiket yang dikelola oleh Badan Promosi Pariwisata Kota Yogyakarta (BP2KY). Kemeriahan WJNC #8 akan dilaksanakan di Kawasan Tugu Yogyakarta mulai pukul 18.00 WIB dan ditayangkan secara live streaming melalui kanal YouTube Pemkot Jogja & Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta.

Sebanyak dua titik start diadakan untuk gelaran event budaya tahunan ini, yaitu mulai dari Jalan Pangeran Diponegoro dan Jenderal Sudirman. Selain itu, titik display karnaval juga akan dibagi menjadi dua yaitu di area Tugu Jogja dan Jalan Margo Utomo. 

“Event ini diharapkan mampu menambah lama tinggal wisatawan di Kota Yogyakarta. Untuk itu, kami mengajak seluruh warga di Kota Yogyakarta menggunakan batik khas motif Jogja untuk ikut memeriahkan HUT Ke-267 Kota Yogyakarta,” ujar Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo saat sambutan pada jumpa pers di Ruang Yudhistira Balaikota Yogyakarta, Rabu (27/9/2023).

Baca Juga: Yuk Nonton Pameran Foto dan Memorabilia Wayang Jogja Night Carnival

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya