Siap-siap KUSTOMFEST 2023, Ada Lucky Draw Mobil Pickup Flat Deck!

Berbagai kegiatan semarakkan KUSTOMFEST 2023

Yogyakarta, IDN Times - KUSTOMFEST: Indonesia Kustom Kulture Festival 2023 akan hadir di Jogja Expo Center, Sabtu-Minggu (7-8/10/2023). Lucky draw sebuah mobil kustom Pickup Flat Deck juga disiapkan untuk pengunjung yang beruntung.

Mengangkat tema Retro Future, KUSTOMFEST mendorong sebuah karya untuk dirancang sedemikian rupa, sehingga mampu menembus batas agar menjadi produk yang bernilai tinggi di masa mendatang.

"Tema Retro Future tahun ini kami angkat sebagai sebuah cerminan dari sejarah panjang produk produk otomotif terkategori dalam berbagai era yang lazim disebut vintage, prewar, classic, retro," ujar Director KUSTOMFEST, Lulut 'LT' Wahyudi, di Pendopo Royal Ambarrukmo, Jumat (6/10/2023).

1. Ajak melihat sesuatu yang saat ini biasa akan menjadi luar biasa

Siap-siap KUSTOMFEST 2023, Ada Lucky Draw Mobil Pickup Flat Deck!Jumpa pers KUSTOMFEST 2023. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Lulut mengungkapkan pada saat sebuah kendaraan dibuat, baik desainer, produsen sales sampai pembeli tidak pernah berpikir produk tersebut akan menjadi sebuah produk vintage, klasik, retro dan sebagainya di masa yang akan datang. "Kita tahu bahwa yang membedakan dari setiap era tersebut adalah muncul karya yang dihasilkan oleh pelaku kustom kulture,” ujar Lulut.

Lulut menambahkan tagline ini mengajak untuk berpikir, melihat mencermati bahwa kendaraan atau produk yang saat ini mungkin terlihat biasa saja tetapi di masa depan bisa jadi sesuatu yang langka dan menjadi produk buruan kolektor. "Kami mengajak melihat, jangan-jangan yang ada di sekitar kita, yang dianggap remeh, 20-30 tahun lagi diincar," kata Lulut.

2. Lucky draw pickup flat deck

Siap-siap KUSTOMFEST 2023, Ada Lucky Draw Mobil Pickup Flat Deck!Lucky Draw KUSTOMFEST pickup flat deck. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

KUSTOMFEST 2023 juga menyuguhkan satu yang ditunggu-tunggu pengunjung. Satu unit mobil kustom Pickup flat deck hasil rancang bangun proyek kolaborasi akan menjadi Lucky Draw tahun ini dan bisa dibawa pulang dengan menebus tiket sebesar Rp100 ribu.

Menebarkan semangat berkarya tanpa batas serta menyatukan keahlian dari berbagai elemen UMKM otomotif, Lucky Draw KUSTOMFEST 2023 'Retro Future' dibangun oleh Retro Classic Cycles. Mengambil basis sebuah mobil sedan legendaris, mereka merekayasa bodi belakang untuk dipotong menjadi model pickup flat deck yang melambangkan kebebasan terkesan liar namun multifungsi.

Lulut mengatakan perjalanan 11 tahun KUSTOMFEST telah banyak membuka ruang imajinasi bagaimana sebuah karya tercipta. Sesuai tema Retro Future tahun ini dalam mengangkat jejak langkah karya pabrikan kendaraan yang dilahirkan di eranya untuk bisa merebut ceruk pasar hingga kelak menjadi sebuah warisan dan diburu pemujanya.

"Hingga akhirnya kami merekayasa sebuah mobil sedan untuk kemudian dibangun menjadi model pickup dengan konsep flat deck sebagai Lucky Draw KUSTOMFEST tahun ini. Hal ini sebagai simbol kami tetap menyala untuk terus berkarya," ujar Lulut yang juga owner Retro Classic Cycles.

Setelah membuat 'The Cakil' pada 2014 lalu, Lulut menyebut tidak pernah membuat Lucky Draw dalam bentuk sebuah mobil lagi. Kini setelah hampir 10 tahun pihaknya mempersembahkan sebuah mobil pickup Flat Deck khas working class anak kustom dengan nama 'Gagak Rimang' sebuah mobil yang simple, berkarakter tapi terlihat gahar.

"Nama ini diambil dari cerita legenda Arya Penangsang yang memiliki kuda hitam untuk berkeliling memeriksa daerah kekuasaannya. Kuda tersebut digambarkan sebagai kuda yang gagah dan memiliki bulu hitam mulus laksana burung gagak. Nama itulah yang dipilih karena mewakili semangat kerja keras yang sama-sama dipancarkan dari Lucky Draw kali ini," ujar Lulut.

Pemilihan konsep mobil kustom pickup flat deck ini merupakan bentuk representatif dari anak kustom yang harus menjadi pekerja keras dalam membuat sebuah karya terbaik. Bukan sekadar karya namun harus punya karakter tersendiri dan memperhatikan aspek fungsinya, seperti untuk mengangkut motor kustom ataupun sepeda low rider.

"Dalam proses penggarapannya, kami mengajak para pelaku UMKM di bidang otomotif yang memiliki spesialisasi dibidangnya mulai dari bengkel cat, mesin, interior serta bagian lainnya. Kolaborasi ini upaya kami untuk bisa mewujudkan sebuah karya yang dibuat dengan mengajak tangan-tangan terampil dengan keahlian masing-masing," tambah Lulut.

Baca Juga: Biennale Jogja 17 Usung Titen, Simak Info Pameran dan Kegiatannya

3. Berbagai kemeriahan di KUSTOMFEST 2023

Siap-siap KUSTOMFEST 2023, Ada Lucky Draw Mobil Pickup Flat Deck!Jumpa pers KUSTOMFEST 2023. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

KUSTOMFEST siap untuk menghadirkan rangkaian program besar di antaranya Kustom Bike Show, Hot Rod & Kustom Car Show, Kustom Journey, Kustom Paint Exhibition, Von Dutch Wizard Lamp Paint Contest, Kuroboshi Airbrush/Spray Paint Kontest, Kustom Paint Battle, Helmet Kustom Paint Kontest, Diecast Kontest, Kustom Bicycle Show, RC Show Off Body Contest, BMX Kontest, Pin Up Contest dan juga balapan Flat Track.

Selain akan menjadi ajang pertemuan akbar para automotive enthusiast dari dalam dan luar negeri, ekspresi para builder dan painter di skena kustom kulture, unjuk gigi para UMKM dan jenama lokal, KUSTOMFEST 2023 menjadi wahana promosi para produsen otomotif dan apparel terkemuka. Hal ini sesuai dengan spirit KUSTOMFEST untuk selalu membawa perubahan yang mempunya dampak besar bagi tumbuhnya industri kreatif hingga ke mancanegara.

Untuk makin mempromosikan karya para builder Indonesia termasuk wisata dan budaya ke mancanegara, para builder internasional dengan reputasi mendunia akan dihadirkan oleh KUSTOMFEST.  Nama-nama seperti Mooneyes, Hiro “Wildman” Ishii, Natqq, Winston Yeh - Rough Crafts, Kaichiroh Kurosu -  Cherrys Company, Masayuki Sugihara - Luck MC, Yuichi Yoshizawa - CW Zon, Toshiyuki “Cheetah” Osawa.

Tidak sekadar hiburan, KUSTOMFEST juga terus menghadirkan edukasi mengenai teknologi dan inovasi yang tengah berkembang di era sekarang melalui kegiatan talkshow dengan menghadirkan pelaku aktif. Topik menarik seputar elektrifikasi yang tengah menjadi program pemerintah yakni percepatan konversi sepeda motor listrik dibeberkan dalam talkshow  bersama PT Pegadaian dan Elders Elettrico dengan mengundang vokalis Kaka Slank sebagai pengguna sepeda motor listrik.

Tidak itu saja,  PT Pegadaian melalui produk Amanah juga memberikan cashback Rp1 juta untuk pembiayaan sepeda motor serta program Jalur Emas Pegadaian dengan membuka rekening Tabungan Emas sebesar Rp100 ribu. Sedangkan dari kalangan aftermarket otomotif, Repsol turut ambil bagian dalam kemeriahan KUSTOMFEST 2023 dengan mengadakan promo cashback Rp20 ribu untuk setiap pembelian oli Repsol di KUSTOMFEST 2023.

Sebagai bagian dari dukungan acara ini juga akan dilaksanakan kegiatan riding bagi para bikers yang ingin datang ke acara KUSTOMFEST hasil kolaborasi dengan Manasi Ride 'The Rollin Waves'. Mereka akan bersama-sama berkendara dari Timur menyusuri jalur lintas Pantai Selatan menempuh rute Surabaya, Pacitan, Yogyakarta dari 6-7 Oktober 2023. Dari panggung musik, aksi band papan atas seeprti Deadsquad, Kelompok Penerbang Roket, The SIGIT, Jangar dan The Hydrant akan menjadi beberapa penampil untuk menghibur para pengunjung sambil menikmati sajian kuliner dan aktivitas outdoor.

"Kami yakin KUSTOMFEST ditunggu-tunggu seluruh ekosistem kustom di Indonesia maupun luar negeri. KUSTOMFEST menjadi barometer dunia kustom," ujar Penasihat Jogja Festival, KPH Purbodiningrat.

Baca Juga: Simak Rekayasa Lalu Lintas saat Wayang Jogja Night Carnival

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya