Sandiaga Uno Optimis Tahun Politik Tidak Ganggu Sektor Pariwisata

Pemilu bakal menopang pergerakan wisatawan

Sleman, IDN Times - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno menyebut memasuki tahun politik, agenda wisata yang sudah terjadwal tidak akan terganggu dengan agenda Pemilu 2024.

Diharapkannya Pemilu justru bakal menopang pergerakan wisatawan nusantara. "Saya baru kembali dari London bahwa kita mendapatkan apresiasi dari dunia internasional bahwa pariwisata kita bisa menunjukkan perkembangan yang sangat baik," ujar Sandiaga seusai menghadiri acara Rumah Siap Kerja, di Sheraton Mustika Yogyakarta, Sabtu (11/11/2023).

1. Situasi politik yang stabil mendukung pariwisata

Sandiaga Uno Optimis Tahun Politik Tidak Ganggu Sektor PariwisataIlustrasi Pemilu (IDN Times/Mardya Shakti)

Sandiaga menyebut dari segi indeks terdapat loncatan 12 poin. Melampaui Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Filipina. Situasi politik yang stabil disebutnya turut mendukung pemulihan pariwisata.

"Situasi politik kita yang stabil mendukung kepulihan pariwisata dan wisatawan mancanegara kita targetkan di tahun depan akan menuju angka 12 - 15 juta, dan itu pertumbuhan antara 20 - 30 persen," kata Sandiaga.

2. Pemilu mendorong pergerakan wisatawan

Sandiaga Uno Optimis Tahun Politik Tidak Ganggu Sektor PariwisataIlustrasi wisatawan. (ANTARA FOTO/Aji Styawan)

Secara umum, Sandiaga optimis Pemilu justru bakal mendorong pergerakan wisatawan nusantara. Pasalnya kegiatan yang dilakukan berkaitan dengan aktivasi dari semua yang tentunya mengarah pada 14 Februari saat Pemilu, dan setelah Pilpres. 

"Karena di 2024 juga akan ada Pilkada. Jadi secara keseluruhan dampaknya positif. (Agenda pariwisata) Tidak ada yang terganggu," ungkap Sandiaga.

Baca Juga: Sandiaga Prediksi Piala Dunia U-17 Tingkatkan Ekonomi Ratusan Miliar

3. Agenda pariwisata berjalan seperti biasa

Sandiaga Uno Optimis Tahun Politik Tidak Ganggu Sektor PariwisataMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Sandiaga menyebut dirinya sudah menginstruksikan semua agenda pemasaran berjalan sesuai rencana. Ia juga menyebut keinginan para wisatawan melakukan booking lebih awal untuk melakukan wisata.

"Ada keinginan dari para wisatawan melakukan booking yang lebih tinggi dari proyeksi awal. Kita terus dorong masuk ke dalam konsep pariwisata yang berkualitas, berkelanjutan," jelas Sandiaga.
 

Baca Juga: Swara Prambanan, Sheila On 7 dan Musisi Jogja Siap Hibur Penonton

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya