Sandiaga Prediksi Piala Dunia U-17 Tingkatkan Ekonomi Ratusan Miliar

Jumlah kunjungan wisatawan akan meningkat

Sleman, IDN Times - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno menilai gelaran Piala Dunia U-17 bakal menarik kunjungan wisatawan. Pertandingan ini dinilai mampu mendongkrak jumlah wisatawan hingga puluhan ribu dan berdampak pada perekonomian hingga ratusan miliar.

"Dari estimasi awal, kita sangat terbantu dengan adanya Piala Dunia U-17," ujar Sandiaga, seusai menghadiri acara Rumah Siap Kerja, di Sheraton Mustika Yogyakarta, Sabtu (11/11/2023).

1. Targetkan jumlah wisatawan bertambah 10 ribu orang

Sandiaga Prediksi Piala Dunia U-17 Tingkatkan Ekonomi Ratusan MiliarAntusiasme suporter Indonesia untuk menyaksikan pembukaan Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo. (IDN Times/Satria Permana)

Sandiaga menjelaskan melihat tim yang sudah mulai masuk, target tambahan kunjungan wisatawan hingga puluhan ribu. Peningkatan kunjungan wisatawan tersebut turut memberi dampak perekonomian yang besar.

"Kita melihat tim-tim sudah mulai masuk dengan target tambahan kunjungan wisatawan sekitar 10 ribu, dan target dari dampak ekonominya akan kami hitung, tapi kami menaksir antara Rp100 - Rp150 miliar," ungkap Sandiaga.

2. Ajak warga Indonesia jangan lewatkan nonton piala dunia

Sandiaga Prediksi Piala Dunia U-17 Tingkatkan Ekonomi Ratusan MiliarPemain Timnas Indonesia U-17, Welber Jardim saat berusaha meraih bola dalam duel melawan Ekuador dalam laga Grup A Piala Dunia U-17 2023. (IDN Times/Fauzan)

Capaian taksiran angka tersebut bisa dihasilkan dari dampak ekonomi belanja. Bukan hanya pemain, tetapi juga fans, pendukung dari tim yang berlaga, dan keluarga yang datang.

Sandiaga pun mengajak masyarakat Indonesia turut mendukung event ini. Pasalnya ini menjadi gelaran pertama kalinya, dan berpotensi mengangkat pemain-pemain muda Indonesia yang potensial.

"Jangan kita lewatkan, sayang. Ini kesempatan emas kita melihat langsung calon-calon Messi, Maradona, Neymar yang berlaga. Mari kita saksikan langsung di kota yang menjadi house piala dunia U-17," ajak Sandiaga.

Baca Juga: Sejarah Praja Cihna Lambang Kasultanan Yogyakarta, Ini Maknanya

3. Pemerintah berupaya melakukan promosi

Sandiaga Prediksi Piala Dunia U-17 Tingkatkan Ekonomi Ratusan MiliarAntusiasme suporter Indonesia untuk menyaksikan pembukaan Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo. (IDN Times/Satria Permana)

Sandiaga juga menyebut pemerintah berupaya mendorong tempat yang menjadi lokasi penyelenggaraan Piala Dunia U-17, namun masih dirasa sepi. Pemerintah terus berupaya menggencarkan promosi.

"Tentunya kita akan tingkatkan dengan promosi yang lebih gencar. Ini masih penyisihan, jadi nanti kalau sudah meningkat dan demamnya sudah terasa, saya yakin akan semakin banyak yang menonton perhelatan Piala Dunia," ungkapnya.

Baca Juga: Selebrasi Kemenangan Unik Milik Iran U-17, Artinya Apa?

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya