Sambut Lebaran, Dispar Sleman Ajak Bersih-Bersih Objek Wisata

Kesadaran wisatawan juga diperlukan

Sleman, IDN Times - Dinas Pariwisata (Dispar) Sleman mengajak pengelola destinasi dan desa wisata untuk mulai berbenah menyambut Libur Lebaran 2023. Usung tema 'Reresik Papan Plesiran, Dayohe Krasan, Rejekine Mapan' seluruh pihak gotong royong membersihkan destinasi wisata.

Kepala Dispar Sleman, Ishadi Zayid, mengatakan aksi nyata kerja bakti ini dilakukan di berbagai destinasi wisata di Kabupaten Sleman. "Harapannya aksi ini akan menstimulasi para pengelola destinasi di berbagai lokasi di Sleman yang dikelola oleh masyarakat maupun swasta, dapat secara rutin melakukan hal yang serupa," ujar Ishadi, Rabu (12/4/2023).

1. Tumbuhkan kesadaran jaga kebersihan

Sambut Lebaran, Dispar Sleman Ajak Bersih-Bersih Objek WisataTanda himbauan buang sampah di tempat sampah. (Unsplash)

Ishadi mengungkapkan bahwa gerakan kerja bakti di destinasi wisata yang dilakukan oleh karyawan-karyawati dan petugas lapangan Dispar Sleman merupakan upaya untuk mengajak dan menumbuhkan kesadaran melakukan gerakan kebersihan di destinasi wisata secara swakarsa. Oleh para pengelola destinasi, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), para pedagang dan pelaku usaha jasa wisata, serta masyarakat yang berada di kawasan destinasi wisata.

"Bahwa untuk mewujudkan kebersihan lingkungan destinasi wisata merupakan tanggung jawab bersama dan tidak bisa dibebankan pada salah satu pihak. Bahkan wisatawan sendiri juga seharusnya turut serta menjaga kebersihan lingkungan destinasi wisata di antaranya dengan tidak membuang sampah sembarangan," ungkap Ishadi.

2. Gerakan menjaga kebersihan destinasi wisata harus dilakukan rutin

Sambut Lebaran, Dispar Sleman Ajak Bersih-Bersih Objek WisataObjek wisata Kaliurang di Sleman. (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Ishadi menyampaikan salah satu yang jadi sasaran kegiatan ini, di destinasi wisata kawasan lereng Merapi. "Kampanye Gerakan Jumat Bersih yang sudah dilakukan selama ini tetap saja harus dilakukan secara terus menerus. Namun untuk kali ini dilakukan lebih awal, mengingat akan dilaksanakan Pasar Takjil Kaliurang #2," ujar Ishadi.

Pasar Takjil Kaliurang #2 akan berlangsung pada tanggal 14--19 April 2023 yang akan dibuka secara resmi oleh Bupati Sleman. Pasar Takjil Kaliurang #2 merupakan event kerja sama antara Dinpar Sleman, pelaku pariwisata dan UMKM Hargobinangun dalam upaya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan khususnya ke kawasan Kaliurang dan sekitarnya.

Baca Juga: Pemkab Sleman Hadirkan Pasar Lebaran 2023, Ada Sembako Murah

3. Event meriahkan destinasi wisata

Sambut Lebaran, Dispar Sleman Ajak Bersih-Bersih Objek WisataIlustrasi UMKM. (IDN Times/Aditya Pratama)

Pasar Takjil Kaliurang #2 akan menampilkan Bazar UMKM yang diikuti oleh 27 tenant UMKM dan pelaku pariwisata Kaliurang. Selain juga ada Festival Hadroh Tradisional se Kapanewon Pakem, lomba mewarnai dan melukis bagi siswa play grup, PAUD dan TK serta siswa Sekolah Dasar (SD). 

Diharapkan juga melalui kegiatan ini dapat menggerakkan perekonomian masyarakat. Terutama masyarakat sekitar kawasan destinasi wisata Merapi.

Baca Juga: Satpol PP Sleman Sambangi Berbagai Sekolah, Temukan Ini

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya