Robot Humanoid Bantu Wisuda Mahasiswa UNU Yogyakarta, Apa Perannya?

UNU memwisuda 274 mahasiswa dari 11 program studi

Sleman, IDN Times - Ada pemandangan berbeda di wisuda Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Yogyakarta, di Kampus Terpadu UNU Yogyakarta, Dowangan, Gamping, (21/12/2023). Sebuah robot humanoid turut ambil bagian membantu kelancaran prosesi wisuda.

Kehadiran robot ini menjadi perhatian sejak memasuki ruangan untuk pemandu jalan bagi Rektor UNU Yogyakarta.

1. Robot humanoid bantu kelancaran wisuda

Robot Humanoid Bantu Wisuda Mahasiswa UNU Yogyakarta, Apa Perannya?Wisuda Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Yogyakarta, di Kampus Terpadu UNU Yogyakarta, Dowangan, Gamping, (21/12/2023). (Dok. Istimewa)

Selama jalannya wisuda, robot humanoid membantu membawakan ijazah yang akan diberikan kepada wisudawan. Robot bernama AGVIND ini merupakan hasil inovasi UNU Yogyakarta dan PT Stechoq Robotika Indonesia.

Melalui kehadiran robot automatic guided vehicles (AGV) berbasis sensor LIDAR ini, UNU Yogyakarta hendak menunjukkan tantangan masa depan. Dimana teknologi mulai berperan besar dalam kehidupan manusia dan UNU Yogyakarta.

Dalam wisuda periode kali ini, sebanyak 274 mahasiswa diwisuda yang berasal dari 11 program studi. "Tantangan NU mencetak sebanyak mungkin profesional, sehingga ke depan kontribusi NU semakin besar dan luas di banyak bidang. UNU Yogyakarta menjadi kampus andalan dalam mencetak profesional unggul dan soleh," kata Rektor UNU Yogyakarta, Widya Priyahita.

UNU Yogyakarta memberikan beasiswa hingga 600 beasiswa senilai Rp24 miliar. Tahun 2024, jumlah itu ditingkatkan menjadi 800 beasiswa dengan nilai mencapai Rp30 miliar.

Selama 2023, UNU Yogyakarta berkontribusi lebih dari 100 program sosial dan berdampak kepada 7 ribu warga, 30 pesantren dan sekolah, 10 desa dan UMKM binaan, serta 20 komunitas. "Kami juga menggandeng 280 mitra industri nasional dan internasional untuk menyediakan kesempatan magang dan lowongan kerja bagi mahasiswa dan alumni," kata Widya.

2. Berbagai upaya mengembangkan UNU Yogyakarta

Robot Humanoid Bantu Wisuda Mahasiswa UNU Yogyakarta, Apa Perannya?Wisuda Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Yogyakarta, di Kampus Terpadu UNU Yogyakarta, Dowangan, Gamping, (21/12/2023). (Dok. Istimewa)

UNU Yogyakarta juga menyiapkan dana kelolaan untuk pengembangan program strategis senilai Rp1,2 triliun. Dana ini untuk mendukung pengembangan Mohamed Bin Zayed (MBZ) College for Future Studies, sekolah pasca-sarjana untuk kajian masa depan hasil kerja sama dengan Uni Emirat Arab. 

Bangunan baru sembilan lantai untuk kampus ini mulai dibangun awal 2024, letaknya tak jauh dari Kampus Terpadu UNU saat ini. "Jadi nanti akan ada menara kembar di UNU Yogyakarta. Gedung ini kami namai Jokowi Tower dan ada MBZ Tower," kata Widya.

Program strategis berikutnya adalah School of Metallurgy untuk menyiapkan SDM dalam pengelolaan sumber daya alam dan smelter seiring berkembangnya teknologi baterai dan mobil listrik. Selain itu, kampus ini juga merintis Center of Longevity bersama pemerintah Tiongkok untuk melakukan riset stemcell dan genomik guna meningkatkan harapan hidup manusia. 

Baca Juga: Tips Anti Nganggur setelah Lulus Kuliah ala Rektor UNU Yogyakarta

3. Mahasiswa UNU Yogyakarta tak boleh minder

Robot Humanoid Bantu Wisuda Mahasiswa UNU Yogyakarta, Apa Perannya?Wisuda Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Yogyakarta, di Kampus Terpadu UNU Yogyakarta, Dowangan, Gamping, (21/12/2023). (Dok. Istimewa)

UNU Yogyakarta juga menjajaki pengembangan industri olahraga bersama Kementerian Pemuda Olahraga dan Barca Academy. "Karena itu, lulusan UNU Yogyakarta jangan minder dan inferior. Kita tidak kalah dengan perguruan tinggi lain di Indonesia," ujarnya.

Widya pun berpesan agar para lulusan memiliki integritas dan menjaga nama baik diri sendiri, orang tua dan kiai, kampus, NU, juga bangsa dan negara. "Orang pintar sekarang banyak sekali, tapi yang mempunyai integritas tidak sebanyak mereka yang pintar. Jadilah sarjana yang memberi sebesar-besarnya maslahah untuk masyarakat," tuturnya.

Baca Juga: BEM KM UGM Luruskan Berbagai Isu, Tak Ada Kepentingan Politik Tertentu

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya