Ini Rencana Pembangunan Jogja Planning Gallery di Malioboro

Masuk proses Detail Engineering Design

Yogyakarta, IDN Times - Kawasan Malioboro, Kota Yogyakarta terus bersolek. Di kawasan ini, akan dibangun Jogja Planning Gallery (JPG) yang menjadi tempat mencari informasi seputar Yogyakarta hingga sebagai galeri temporer.

"Itu nanti juga untuk informasi Jogja masa dulu, sekarang, Jogja yang akan datang. Kemudian juga ada galeri temporer, para seniman bisa masuk di situ," kata Kepala Dinas Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral (PUP-ESDM) DIY, Anna Rina Herbranti, di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Senin (9/1/2023).

1. Proses Detail Engineering Design

Ini Rencana Pembangunan Jogja Planning Gallery di MalioboroPedagang yang sudah direlokasi menata barang dagangannya di los Teras Malioboro 2. (IDN Times/Tunggul Damarjati)

JPG akan menempati lahan Teras Malioboro 2, gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DIY, dan kawasan pertokoan yang ada di Jalan Perwakilan Yogyakarta. Untuk kawasan pertokoan di Jalan Perwakilan sendiri, aktivitas sudah dihentikan dari beberapa hari yang lalu.

Anna menyebut untuk tahun 2023 ini baru dalam proses Detail Engineering Design (DED) JPG. "Di 2023 ini baru DED-nya. Lahannya yang digunakan TM (Teras Malioboro) 2 ya dan DPRD DIY, tentu pembangunan setelah TM 2 dan DPRD mendapat tempat yang lain," ujar Anna.

Baca Juga: Setelah Bersih, Jalan Perwakilan akan Dibongkar untuk JPG

2. Menunggu relokasi DPRD DIY dan Teras Malioboro 2

Ini Rencana Pembangunan Jogja Planning Gallery di MalioboroPedagang yang sudah direlokasi menata barang dagangannya di los Teras Malioboro 2. (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Proses lanjutan untuk pembangunan disebutnya setelah ada kepastian relokasi dua lokasi tersebut. "Misal kalau DPRD pindah ke Kenari, kalau TM 2 sudah ada tempat atau tempat relokasi, kalau lokasi persis gak tahu," ucap Anna.

Anna menyebut pada dasarnya hal yang perlu diperhatikan nantinya, akan mengacu desain yang sudah disayembarakan, dan telah ditentukan pilihan. "Basic desain sudah kita sayembarakan. Ya itu dulu yang kita gunakan, nanti sebagai basic kita menggunakan DEDnya, dan lahan sudah jelaskan yang sekarang TM 2 dan DPRD DIY," ujarnya.

3. Anggaran dari danais

Ini Rencana Pembangunan Jogja Planning Gallery di Malioboroilustrasi dana (IDN Times/Aditya Pratama)

Terkait anggaran, Anna mengatakan berasal dari Dana Keistimewaan (Danais). Namun, untuk lebih lanjut berapa besaran anggaran yang diperlukan, Anna belum bisa menyebutkan.

"Kalau sudah didesain baru tahu. Sumber Danais saat ini," ungkapnya.

Pembangunan JPG merupakan rencana yang sudah lama ingin diwujudkan Pemda DIY. Dalam sayembara desain sebelumnya, melibatkan para juri antara lain, GKR Mangkubumi mewakili unsur Keraton Yogyakarta, seniman arsitektur Eko Agus Prawoto, Ikaputra yang juga arsitek di bidang heritage, Dosen Arsitektur UGM Laretna Trisnantari, dan pelaku kreatif Heri Pemad.

Baca Juga: Pertokoan di Jalan Perwakilan Jogja Segera Diratakan

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya