Ratusan Personel Polisi Amankan Perayaan Paskah di Kota Yogyakarta 

Tim keamanan terjunkan tim Gegana deteksi bahan peledak

Yogyakarta, IDN Times - Ratusan personel polisi disiapkan untuk mengamankan rangkaian perayaan Paskah di Kota Yogyakarta. Kasi Humas Polresta Yogyakarta, AKP Timbul Sasana Raharjo mengungkapkan Polresta Yogyakarta menjaga pelaksanaan misa gereja dengan melakukan sterilisasi di Gereja Katolik St Fransiscus Xaverius (Kidul Loji), Gereja Katolik Santo Antonius Kotabaru, Gereja Katolik Santo Albertus Agung, Jetis, Kamis (6/4/2023). 

1. Ratusan personel disiapkan

Ratusan Personel Polisi Amankan Perayaan Paskah di Kota Yogyakarta Anggota kepolisian mengecek Gereja Katolik Santo Antonius Padua, Kotabaru, Kamis (6/4/2023). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo).

Dari hasil pengecekan di beberapa gereja, tidak ditemukan benda yang mencurigakan ditemukan. Untuk pengamanan rangkaian perayaan Paskah di sejumlah gereja disiapkan 580 personel.

"Sekitar 580 personel sampai dengan hari Minggu. Pengamanan mengikuti jadwal kegiatan ibadah," ungkapnya.

2. Terjunkan tim Gegana

Ratusan Personel Polisi Amankan Perayaan Paskah di Kota Yogyakarta Anggota kepolisian mengecek Gereja Katolik Santo Antonius Padua, Kotabaru, Kamis (6/4/2023). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo).

Panit Jibom Gegana Polda DIY, Aiptu Hanang Setiawan mengatakan anggotanya yang terdiri dari 8 personel melakukan deteksi antisipasi terjadinya bom di sejumlah gereja di Kota Yogyakarta. "Kami gunakan alat deteksi yang kita punyai," ujar Hanang.

Penyisiran dilakukan di berbagai sudut Gereja. Hanang menjelaskan dengan alat deteksi bom yang dimiliki tempat kecil, hingga sudut di bagian atas dan bawah bangunan Gereja dapat dijangkau.

Baca Juga: Jadwal Misa Tri Hari Suci Paskah 2023 Gereja Katolik Jogja

3. Diperkirakan 3 ribu umat ikut misa

Ratusan Personel Polisi Amankan Perayaan Paskah di Kota Yogyakarta Persiapan perayaan Paskah di Gereja Katolik Santo Antonius Padua, Kotabaru, Kamis (6/4/2023). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo).

Staf Sekretariat Gereja Katolik Santo Antonius Kotabaru, Eka Rahayu mengatakan untuk mendukung kelancaran ibadah, dari tim internal sudah membuat jadwal terkait penjagaan keamanan. "Dari liturgi juga sudah disiapkan untuk perayaan ekaristinya. Sudah persiapan semua," ujar Eka.

Eka mengungkapkan untuk umat yang mengikuti ibadah perayaan Paskah tahun ini dalam sekali ibadah diperkirakan 2.500  hingga 3.000 umat. 

Baca Juga: Ini Jadwal Misa Tri Hari Suci di Gereja Ganjuran Bantul

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya