Comscore Tracker

Puluhan Mahasiswa UGM Terima Beasiswa Freeport

Bagian dari kerja sama UGM dan PT Freeport Indonesia

Sleman, IDN Times - Puluhan mahasiswa UGM menerima beasiswa dari PT Freeport Indonesia. Beasiswa ini menjadi bagian kerja sama antara UGM dan Freeport.

Dari total 60 mahasiswa UGM yang ada, 50 di antaranya menerima beasiswa untuk satu semester sebesar Rp5 juta, sementara 10 mahasiswa berprestasi asal Papua menerima beasiswa biaya kuliah hingga lulus.

1. Menjaga kerja sama UGM dan PT Freeport

Puluhan Mahasiswa UGM Terima Beasiswa FreeportPenandatanganan kerja sama PT Freeport Indonesia dan UGM di GSP UGM, Selasa (4/10/2022). (Istimewa/Humas UGM).

Rektor UGM, Prof. Ova Emilia menyambut baik sinergi antara UGM dan PT Freeport. "Menjadi momen berharga jalinan kerja sama antara UGM dengan PT Freeport ini. Semoga implementasi kerja sama ini berjalan lancar dan akan memberi dampak lebih baik bagi masa depan pendidikan secara lebih luas, khususnya untuk pemenuhan dan penguatan kualitas Tridarma serta karya UGM ke depan,” kata Ova, Selasa (4/10/2022).

Selain dana pendidikan, PT Freeport Indonesia juga memberikan dana penelitian dalam kerangka program Sahabat UGM senilai Rp1,5 miliar. Menurut Rektor, penandatanganan MoU antara UGM dengan PT Freeport Indonesia menjadi bentuk upaya mempromosikan kerja sama penerapan Tridarma Perguruan Tinggi berdasarkan prinsip atau penghormatan terhadap independensi satu sama lain dan kemanfaatan kedua belah pihak.

Baca Juga: Mengajar di UGM, Prilly Latuconsina Belajar Perspektif Baru

2. Kerja sama penting digiatkan

Puluhan Mahasiswa UGM Terima Beasiswa FreeportPenyerahan beasiswa PT Freeport Indonesia kepada mahasiswa UGM di GSP UGM, Selasa (4/10/2022). (Istimewa/Humas UGM).

Dalam lanskap peluang dan tantangan ke depan, konektivitas dan kerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan penting untuk digiatkan. Kerja sama saling menguntungkan ini, menurut Rektor, bisa memberi peluang besar bagi ketersediaan dana-dana riset, pengabdian, dan kerja-kerja produktif lain di kampus.

“Upaya pengembangan produktivitas kerja dan karya kampus tentu saja membutuhkan dukungan kuat, tak terkecuali dalam sektor pendanaan. Di sisi lain, aspek kerja sama antara kampus dengan sektor industri tentu saja akan banyak memberikan kesempatan dan peluang lahirnya keragaman serta kekayaan ide gagasan inovasi baru, yang sangat dibutuhkan baik oleh kampus maupun pihak industri itu sendiri,” kata Ova.

3. Relasi PT Freeport dan pemerintah

Puluhan Mahasiswa UGM Terima Beasiswa FreeportPT Freeport Indonesia (PTFI) secara konsisten mendukung fokus agenda G20 2022 dalam menurunkan emisi gas rumah kaca (GRK). (Dok. Freeport)

Chairman of the Board yang juga CEO Freeport-McMoran, Richard Adkerson, memberikan pemaparan terkait sejarah Freeport dan relasi yang terjalin dengan pemerintah Indonesia. Melalui berbagai aktivitas dan inisiasi kerja sama, menurutnya Freeport berupaya memberi kontribusi bagi Indonesia, termasuk dalam bidang pendidikan.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Menteri Investasi, kepada Presiden Indonesia beserta menteri-menteri lainnya yang telah memberi kesempatan kepada kami untuk membangun kemitraan yang positif yang menguntungkan banyak pemangku kepentingan termasuk perguruan tinggi ini,” katanya.

Baca Juga: Mahasiswa UGM Kembangkan Konsep Rumah dari Bambu   

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya