Protes BBM, Aliansi Rakyat Bergerak Gelar Aksi di Malioboro 

Sampaikan orasi di depan Gedung Agung

Yogyakarta, IDN Times - Massa aksi yang mengatasnamakan Aliansi Rakyat Bergerak (ARAK) mulai mendatangi kawasan Malioboro, pukul 14.45 WIB, Kamis (15/9/2022). Mereka melakukan orasi di selatan Pasar Beringharjo, menuntut harga Bahan Bakar Minyak (BBM) diturunkan.

Diketahui massa aksi ini sebelumnya berkumpul di bundaran UGM mulai bergerak menuju arah Malioboro, mereka sempat berhenti di kawasan Tugu dan kantor PT Pertamina Patra Niaga di Jalan Mangkubumi (Margo Utomo)

1. Sampaikan orasi di depan Gedung Agung

Protes BBM, Aliansi Rakyat Bergerak Gelar Aksi di Malioboro Massa aksi yang mengatasnamakan Aliansi Rakyat Bergerak (ARAK) menolak kenaikan harga dikawasan Malioboro, Kamis (15/9/2022). (IDN Times/Herlambang Jati)

Sesampainya di tempat yang mereka sebut Panggung Rakyat, orator memimpin aksi massa. "Ini panggung rakyat, tapi kami di sini terus-terusan mendapat intimidasi," kata salah satu orator.

Mereka meneriakkan yel-yel tuntutan dan menggelar spanduk bertuliskan tuntutan serta melakukan aksi teatrikal. 

2. Tuntutan ARAK lainnya

Protes BBM, Aliansi Rakyat Bergerak Gelar Aksi di Malioboro Massa aksi yang mengatasnamakan Aliansi Rakyat Bergerak (ARAK) menolak kenaikan harga dikawasan Malioboro, Kamis (15/9/2022). (IDN Times/Herlambang Jati)

Tidak hanya menolak kenaikan harga BBM. ARAK juga menuntut pemerintah dan DPR untuk melakukan pengesahan RUU Perlindungan Data Pribadi dengan cepat. 

Baca Juga: Sultan Persilakan Warga Sampaikan Aspirasi Kenaikan BBM dengan Tertib

3. Siapkan ratusan personel

Protes BBM, Aliansi Rakyat Bergerak Gelar Aksi di Malioboro Massa aksi yang mengatasnamakan Aliansi Rakyat Bergerak (ARAK) menolak kenaikan harga di kawasan Malioboro, Kamis (15/9/2022). (IDN Times/Herlambang Jati)

Kapolresta Yogyakarta, Kombes Pol. Idham Mahdi mengatakan terdapat ratusan personel kepolisian yang disiapkan mengamankan aksi massa ini.

"Personel yang kami kerahkan ada 450 personel gabungan dari Polda DIY dan Polresta Yogyakarta. Kami himbau masyarakat tidak melintasi Malioboro, karena ada massa aksi," ujar Idham.

Baca Juga: BBM Naik, Mahasiswa Demo di DPRD DI Yogyakarta Minta UMP Naik  

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya