Prosesi Nikahan Kaesang-Erina Gunakan Grha Sabha Permana UGM?   

Dua lokasi disebut jadi pilihan

Sleman, IDN Times - Pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dengan Erina S Gudono akan dilangsungkan bulan Desember 2022 mendatang. Salah satu tempat yang santer dikabarkan menjadi lokasi prosesi pernikahan adalah Grha Sabha Pramana (GSP) UGM.

 

1. UGM belum mengetahui

Prosesi Nikahan Kaesang-Erina Gunakan Grha Sabha Permana UGM?   Rektor UGM, Ova Emilia. (ugm.ac.id)

Pihak UGM mengaku hingga saat ini belum mengetahui kabar Grha Sabha Pramana (GSP) UGM akan digunakan oleh pasangan Kaesang-Erina.  "Waduh, saya belum tahu kalau itu ya. Belum tahu, coba nanti kita lihat dulu. Saya malah enggak tahu, belum ada (komunikasi)," ujar Rektor UGM, Prof Ova Emilia, ditemui di UGM, Senin (24/10/2022).

2 . Dua lokasi disebut jadi pilihan

Prosesi Nikahan Kaesang-Erina Gunakan Grha Sabha Permana UGM?   Gedung Grha Sabha Pramana.IDN Times/Herlambang Jati

Sementara Kepala Kantor Kemenag Sleman, Sidik Pramono menyebut saat ini memang belum ada kepastian lokasi dan waktu penyelenggaran pernikahan. Pasalnya belum ada pendaftaran pernikahan Kaesang dan Erina.

"Belum ada pendaftaran baru tanya-tanya di KUA Mlati terkait administrasinya saja, tapi karena rencana di bulan Desmeber ya mungkin daftarnya di bulan November. Kalau (fgedung) informasi belum valid antara Royal Ambarrukmo dan Grha Sabha (GSP UGM)," kata Sidik.

Sidik menyebut dua lokasi tersebut juga belum bisa dipastikan, karena belum mendaftar. "Kalau semsial sudah mendaftar mesti menunjuk lokasi dimana, misalnya asli calon istri kan dari Mlati. Ya berarti daftaranya ke Mlati (KUA Mlati) dulu. Ketika mau melaksanakan di luar Mlati, nanti numpang nikah di tempat yang dituju, karena belum mendaftar ini, belum mengetahui tanggalnya, menikah di mana," ujar Sidik.

Baca Juga: Jokowi Kunjungi Hotel Ambarrukmo, Cek Tempat Pernikahan Kaesang? 

3. Belum ada kepastian

Prosesi Nikahan Kaesang-Erina Gunakan Grha Sabha Permana UGM?   Presiden Jokowi cek sebuah tempat resepsi pernikahan di Hotel Royal Ambarrumo Yogyakarta.IDN Times/Herlambang Jati

Sidik menyebutkan jika pernikahan akan dilangsungkan di luar Mlati, KUA Mlati akan memberi pengantar. "Kalau misal sudah daftar mau menikah luar Mlati, mau memberi pengantar untuk pelaksanaan di tempat yang dituju, misal di Solo. Mesti diketahui itu, itu belum ada pendaftarannya sehingga belum bisa memastikan," ujar Sidik.

Disebut Sidik dari perwakilan keluarga perempuan sudah ada yang melakukan konsultasi ke KUA Mlati. Perwakilan keluarga itu, menanyakan terkait pelaksanaan pernikahan. "Sebenarnya di web syaratnya apa sudah ada, tapi cenderung mantap kalau datang sendiri. Belum ada info lain lain, nanti coba saya cek ke KUA lagi," ujar Sidik.

Sebelumnya Presiden Jokowi dan beserta beberapa keluarga Erina telah melihat Pendopo Sekar Kedhaton Hotel Ambarrukmo yang kemungkinan akan dipilih sebagai salah satu tempat prosesi pernikahan. 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya