Prosesi Midodareni, Kaesang Diberi Sejumlah Wejangan

Jokowi beserta keluarga menemani Kaesang

Sleman, IDN Times - Prosesi pernikahan Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep dan Erina Gudono memasuki prosesi malam midodareni, di kediaman Erina, di Purwosari, Sinduadi, Mlati, Jumat (9/12/2022) malam.

Berdasar pantauan Jokowi beserta rombongan keluarga tiba di kediaman Erina, pada pukul 19.00 WIB. Terlihat Jokowi juga sempat menyapa, bersama tiga cucunya, Jan Ethes Srinarendra, Sedah Mirah Nasution, dan La Lembah Manah.

Tidak hanya rombongan Jokowi dan keluarga. Menteri juga hadir seperti halnya Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia. Sejumlah warga juga antusias menyaksikan prosesi pernikahan.

Dalam salah satu prosesi, Perwakilan keluarga Erina, Abdul Muhaimin, membacakan catur wedha. "Setelah ananda beristri maka sikap dan tingkah laku ananda harus lebih dewasa dan bertanggung jawab menjadi seorang suami yang baik," ujarnya.

Demikian juga Erina Sofia Gudono harus menyadari bahwa ia telah mempunyai pendamping dalam hidupnya oleh karena itu, dalam bertindak harus menjadi istri yang baik dan selalu menghormati suaminya. Demikian pula sebaliknya seorang suami harus menghargai istrinya.

"Dua secara lahir dan batin ananda agar selalu berbakti kepada mertua. Sebagaimana seprti orangtua sendiri, karena kami pun sudah menganggap ananda sebagai keluarga kami sendiri," ucap Muhaimin.

Ketiga dikatakan dalam hidup di masyarakat wajib menjaga sikap dan perilaku serta patuh pada hukum dan etika sebagaimana yang berlaku dalam masyarakat. "Dengan demikian ananda akan dihormati oleh sesama warga masyarakat, apabila ananda dihormati dan dicintai oleh semua orang, baik di lingkungan kerja maupun di lingkungan masyarakat InsyaAllah segala usaha untuk mendapatkan tujuan hidup dapat dicapai dengan lancar," ucapnya.

Empat untuk menaati dan menjalankan ajaran agama. "Empat taatilah dan jalankanlah apa yang diajarkan agamamu yaitu agama Islam, jangan meninggalkan salat, jalankan pula rukun serta syariat islam, dan jauhi segala larangannya, Insyaallah kalian berdua menjadi keluarga sakinah mawadah warahmah dan selamat serta bahagia dunia akhirat," ujarnya.

Terakhir ia berpesan agar menerima Erina apa adanya. "Terimalah Ananda Erina Sofia Gudono apa adanya terimalah ia dengan segala kekurangan dan kelebihannya terimalah ia dalam mudanya dan tuanya. Terimalah ia dalam sehatnya dan sakitnya, bimbinglah ia menuju rumah tangga yang bahagia jadikan istri pertama dan terakhir sampai akhir hayat," ucapnya.

Baca Juga: Persiapan Akad Nikah Kaesang-Erina Sudah 90 Persen

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya