Peta Kemacetan dan Rekayasa Lalin saat Tahun Baru di Kota Yogyakarta

Car free night di Malioboro mulai pukul 18.00 - 01.00 WIB

Yogyakarta, IDN Times - Pemerintah Kota Yogyakarta bersama Polresta, akan melakukan rekayasa lalu lintas saat malam tahun baru mulai Minggu (31/12/2023) - Senin (1/1/2024). Langkah ini diambil untuk mengantisipasi lonjakan volume kendaraan selama libur akhir tahun.

Saat malam pergantian tahun baru 2024, kawasan Malioboro diberlakukan car free night mulai pukul 18.00 WIB - 01.00 WIB.

1. Sejumlah titik yang diprediksi bakal macet

Peta Kemacetan dan Rekayasa Lalin saat Tahun Baru di Kota YogyakartaMalioboro (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Kasatlantas Polresta Yogyakarta, AKP Maryanto memperkirakan kepadatan lalu lintas saat akhir tahun bakal terjadi di sejumlah lokasi di Jantung Kota Yogyakarta. Seperti di sekitar kawasan Tugu, Malioboro dan Keraton (Gumaton) khususnya di Jalan Jendral Sudirman, Jalan Margo Utomo, Jalan Abu Bakar Ali, Jalan Malioboro dan Jalan Pasar Kembang.

Untuk mengantisipasi kemacetan tersebut, pihaknya akan melakukan rekayasa lalu lintas. "Hal ini kita lakukan semata-mata untuk membuat nyaman pengendara untuk sampai di tujuan dan tidak terjadi kepadatan lalu lintas  di titik titik tertentu," jelas AKP Maryanto saat Jumpa Pers di Ruang Bima Balaikota Yogyakarta, Jumat (29/12/2023).

2. Rekayasa lalu lintas di Tugu Pal Putih hingga titik nol

Peta Kemacetan dan Rekayasa Lalin saat Tahun Baru di Kota Yogyakartafoto titik nol km Jogja (jogja.idntimes.com/Febriana Sinta)

Rekayasa lalu lintas di seputaran Tugu Pal Putih, akan diberlakukan sistem buka tutup mulai jalan simpang Terban, Jetis dan Pingit. Jika masyarakat sudah memenuhi sekitar Tugu Pal Putih, maka akan dilaksanakan rekayasa lalu lintas berupa pengalihan jalan.

"Untuk di kawasan Malioboro, kita akan melaksanakan pengalihan di Teteg Malioboro menuju ke arah Titik Nol. Kita juga akan melaksanakan car free night. Sehingga diharapkan dapat memberikan kenyamanan bagi wisata yang akan menikmati pergantian malam tahun baru," kata AKP Maryanto.

Baca Juga: Pengunjung Rayakan Tahun Baru di Kawasan Malioboro Bakal Dibatasi

3. Pengalihan lalu lintas di sejumlah titik

Peta Kemacetan dan Rekayasa Lalin saat Tahun Baru di Kota YogyakartaKasatlantas Polresta Yogyakarta, AKP Maryanto. (Dok. Istimewa)

Untuk menjamin kenyamanan berwisata ke Kota Yogyakarta, juga dilakukan pengalihan lalu lintas dari arah timur di simpang empat Gondomanan, sebelah barat simpang Ngabean dan di simpang PKU serta arah dari selatan di simpang Pangurakan. Nantinya kendaraan akan dialihkan ke sisi barat dan timur untuk mengurangi kemacetan. Pihaknya juga memasang barikade sebagai akses masuk bagi petugas kesehatan untuk pertolongan darurat.

"Sehingga harapannya, 136 personil kami dan tim urai sebanyak 12 personil akan melaksanakan tugas dengan maksimal dan memberikan kenyamanan bagi wisatawan yang hendak berlibur ke kawasan Malioboro," kata AKP Maryanto.

Baca Juga: 14 Tempat di Jogja Adakan Pesta Kembang Api, Seru! 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya