Pesta Rakyat Simpedes, Ada Ndarboy Genk hingga Judika

Edukasi keuangan digital asyik ala BRI

Yogyakarta, IDN Times - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk kembali menyelenggarakan Pesta Rakyat Simpedes (PRS) di Stadion Mandala Krida Yogyakarta, Sabtu (19/8/2023)–Minggu (20/8/2023). Ndarboy Genk hingga Judika akan turut memeriahkan gelaran yang mengambil tema 'Pede Raih Peluang' ini.

PRS merupakan upaya BRI untuk memberdayakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), literasi digital, dan memberikan pelayanan perbankan bagi nasabah. Berbagai kegiatan digelar dalam rangkaian PRS di Yogyakarta kali ini.

1. Berbagai kegiatan meriahkan Pasar Rakyat Simpedes

Pesta Rakyat Simpedes, Ada Ndarboy Genk hingga JudikaRangkaian kegiatan Pesta Rakyat Simpedes (PRS) BRI. (Dok. Istimewa)

Salah satunya hiburan untuk warga Jogja dengan penampilan artis lokal hingga tanah air. PRS akan menghadirkan Judika, J-Rocks, Soegi Bornean, Ndarboy Genk, Om Wawes dan Damara De. Pembelian tiket PRS 2023 bisa dilakukan sebelum acara melalui website pestarakyatsimpedes.com

"Bagi yang tidak sempat membeli tiket secara online tersedia juga pembelian secara langsung di lokasi acara (on the spot) dengan scan QRIS BRI hanya senilai Rp1, menggunakan BRImo. Namun, bagi pengunjung yang belum memiliki BRImo, dapat mengunduh dan menuju area registrasi untuk dapat dibantu dalam melakukan registrasi BRImo," kata Direktur Mikro Bisnis BRI, Supari, Kamis (17/8/2023).

PRS 2023 Kota Yogyakarta memang kembali hadir dengan membawa program enam pilar utama, yaitu Panggung, Pawai, Pasar, Peduli, Pojok X'sis, dan Panen. Pawai memberikan sarana literasi digital kepada para pelaku UMKM di Yogyakarta melalui penggunaan BRImo beserta fitur-fitur yang dapat memenuhi kebutuhan transaksi harian nasabah. Ditambah kegiatan Pawai akan dimeriahkan dengan adanya karnaval seni dan budaya.

Pasar bazar UMKM unggulan binaan BRI di Kota Yogyakarta akan menampilkan berbagai macam produk UMKM dengan beberapa kategori yaitu Food & Beverages, Fashion, Craft dan semua transaksi pembelian produk-produk UMKM menggunakan BRImo dan QRIS.

"Panen merupakan pembagian hadiah dan doorprize kepada pengunjung dan pelaku UMKM serta penyerahan secara simbolis pemenang program Panen Hadiah Simpedes Pojok X’Sis adalah spot menarik untuk pengunjung beraktivitas dan menikmati keseruan PRS melalui photobox, kelas UMKM, pasar malam, kompetisi, dan masih banyak lagi," kata Supari.

Peduli sebagai bentuk kepedulian BRI untuk masyarakat sekitar dengan menyediakan layanan cek kesehatan gratis, program donor darah, tebus sembako murah, penukaran botol atau sampah plastik yang dapat ditukarkan dengan voucer ratusan ribu rupiah, serta face painting dan nail art yang dapat dinikmati oleh pengunjung secara gratis. Selain juga Panggung yang diisi sejumlah artis.

2. Edukasi literasi keuangan digital

Pesta Rakyat Simpedes, Ada Ndarboy Genk hingga JudikaRangkaian kegiatan Pesta Rakyat Simpedes (PRS) BRI. (Dok. Istimewa)

PRS di Kota Yogyakarta diharapkan mampu memberikan edukasi literasi keuangan digital kepada masyarakat serta sosialisasi yang lebih dekat kepada para UMKM serta pengunjung untuk penggunaan pembayaran secara digital. Dengan begitu, UMKM dapat melebarkan pertumbuhan bisnis mereka.

"PRS ingin memberikan edukasi tentang penggunaan keuangan digital kepada masyarakat serta mendorong akuisisi pedagang melalui pembayaran digital QRIS BRI yang tidak membebankan UMKM," ungkap Supari. 

BRI melalui Pesta Rakyat Simpedes berkomitmen untuk terus mendukung UMKM tumbuh dan meraih peluang bisnisnya. Selain itu melalui kegiatan ini BRI terus mensosialisasikan penggunaan QRIS BRI sebagai bentuk edukasi digitalisasi finansial kepada masyarakat.

"Tentunya hal ini sejalan dengan komitmen PRS tahun ini untuk meningkatkan serta mengajak seluruh UMKM semakin pede meraih peluang mendapatkan segala lini bisnis dan menjadi pemenang di masa depan," kata dia. 

Baca Juga: Malioboro Run Siap Digelar, Ini Cara Pendaftaran hingga Hadiahnya

3. Grebek pasar sebagai ajang edukasi keuangan digital para pedagang

Pesta Rakyat Simpedes, Ada Ndarboy Genk hingga JudikaRangkaian kegiatan Pesta Rakyat Simpedes (PRS) BRI. (Dok. Istimewa)

Salah satu rangkaian PRS yang menjadi sorotan utama tahun ini yakni hadirnya Grebek Pasar dengan menyasar ke 10 pasar tradisional di DIY di antaranya Pasar Kranggan, Pasar Tempel, Pasar Godean, Pasar Bantul, Pasar Imogiri, Pasar Bringharjo, Pasar Catur Tunggal dan Pasar Prambanan. Grebek Pasar dilaksanakan mulai tanggal 14 hingga 18 Agustus 2023. Kegiatan ini menjadi momen istimewa di mana para pekerja BRI berkumpul dengan pedagang-pedagang lokal di pasar tradisional.

"Tujuannya memberikan edukasi kepada masyarakat dan pelaku UMKM terhadap layanan keuangan digital BRI, seperti pembukaan tabungan Simpedes yang dilakukan secara digital dan bertransaksi melalui BRImo serta pembayaran menggunakan QRIS BRI," kata Supari.

Baca Juga: Pameran Seni Nandur Srawung Kembali Digelar, Catat Tanggalnya

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya