Pencak Malioboro Festival 2023 Digelar Lagi, Simak Kegiatannya

Melestarikan pencak silat sebagai warisan budaya

Yogyakarta, IDN Times - Pesta akbar ajang berkumpulnya para pesilat terbesar Pencak Malioboro Festival 2023, akan digelar di UPT Taman Pintar, dan Titik Nol Malioboro, pada Jumat (10/11/2023)–Sabtu (11/11/2023). Gelaran ketujuh ini diharapkan dapat membangkitkan kembali, melestarikan dan mempopulerkan pencak silat sebagai warisan budaya bangsa Indonesia yang luar biasa.

"Penyelenggaraan Pencak Malioboro Festival 7 2023 ini awal kebangkitan kembali kami setelah vakum, tidak ada kegiatan selama 3 tahun, terhempas oleh pandemi Covid-19," ujar salah satu panitia, Antok Sugiarto, di Yogyakarta, Rabu (8/11/2023).

1. Kirab pencak silat ditiadakan

Pencak Malioboro Festival 2023 Digelar Lagi, Simak KegiatannyaArsip Pencak Malioboro Festival. (Dok. Istimewa)

Antok menyebutkan gelaran tahun ini Lomba Koreografi Pencak Silat diadakan langsung dua kategori. Kategori umum yang memperebutkan Piala Sri Sultan Hamengku Buwono X, dan kategori anak akan memperebutkan piala Sri Paduka KGPAA Paku Alam X.

"Selain itu untuk penyelenggaraan Pencak Malioboro Festival 7 2023 ini, kirab pencak silat ditiadakan. Hal ini terpaksa diambil dengan pertimbangan untuk mengurangi residu dari perkembangan yang terjadi di komunitas Pencak Silat belakangan serta dikarenakan sudah memasuki masa Pemilu," jelas Antok.

2. Tema Pencak Malioboro Festival 7

Pencak Malioboro Festival 2023 Digelar Lagi, Simak KegiatannyaArsip Pencak Malioboro Festival. (Dok. Istimewa)

Tema yang diusung Pencak Malioboro Festival 7 ini yaitu 'Beragam Tidak Harus Seragam, Tetap Bersatu Dalam Perbedaan'. Melalui tema tersebut diharap bisa merangkul semua elemen Pencak Silat Tradisional, baik itu aliran, perguruan maupun pemerhati agar dapat bersama.

"Bersatu dalam satu tujuan melestarikan pusaka kearifan budaya warisan nenek moyang Nusantara ini serta mendudukan kembali Pencak Silat Tradisional sebagai tuan rumah di negeri sendiri," ujar Antok.

Pencak Malioboro Festival telah menjadi destinasi budaya yang selalu ditunggu setiap tahunnya oleh ribuan orang dari dalam dan luar negeri, dan membuktikan bahwa pencak silat juga dapat memberikan kebanggaan dan kontribusi dari sisi budaya dan pelestariannya.

"Semua ini dalam rangka mengedukasi masyarakat bahwa tidak hanya sebagai budaya warisan nenek moyang yang harus dilestarikan, tapi Pencak Silat juga adalah produk kearifan lokal yang mengajarkan nilai luhur bangsa Nusantara yang harus dipertahankan," kata Antok.

Baca Juga: Agenda Wisata Jogja Bulan November 2023, Jangan Sampai Terlewat

3. Berbagai kemeriahan di Pencak Malioboro Festival

Pencak Malioboro Festival 2023 Digelar Lagi, Simak KegiatannyaJumpa pers pencak malioboro festival 7. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Berbagai kegiatan yang digelar dalam Pencak Malioboro Festival ini di antaranya Lomba Koreografi Pencak, bazaar, workshop pencak silat, lomba videografi pencak silat. Kemudian, lomba mewarnai anak, panggung gebyar pencak silat. Lalu ada Kaulan Pencak. Selanjutnya, sambung rasa bersama KGPAA Paku Alam X.

Baca Juga: Dara Setara Gelar Pasar Kreatif Ajak Lepas Penat Kesibukan Bekerja 

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya