Pemkab Sleman Serahkan Dana Hibah Pilkada Rp58,5 Miliar

Penyediaan dana hibah Pilkada disepakati KPUD dan Bawaslu 

Sleman, IDN Times - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman menyerahkan dana hibah penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati serentak tahun 2024 kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sleman, bertempat di Ruang Rapat Kantor Setda Sleman, Selasa (1/8/2023). Total dana hibah yang diserahkan sebesar Rp58,5 miliar.

Penyerahan dana hibah ditandai dengan penandatanganan berita acara kesepakatan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman, Harda Kiswaya, Ketua KPU dan Ketua Bawaslu Sleman yang disaksikan secara langsung oleh Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa. 

1. Dukung pelaksanaan Pilkada serentak

Pemkab Sleman Serahkan Dana Hibah Pilkada Rp58,5 MiliarIlustrasi Pemilu. (IDN Times/Mardya Shakti)

Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa mengatakan penyerahan dana hibah merupakan bentuk komitmen Pemkab Sleman untuk pelaksanaan pilkada serentak pada tahun 2024. 

Danang berharap KPU dan Bawaslu dapat memanfaatkan dana hibah secara bijaksana dan bertanggungjawab. "Dengan adanya dana hibah ini, pekerjaan yang ada dapat dilaksanakan. Tentunya dana ini bersumber dari APBD. Maka saya berharap dapat dipertanggungjawabkan sehingga tidak ada yang dirugikan," ujar Danang. 

2. Penyediaan dana hibah Pilkada disepakati KPUD dan Bawaslu

Pemkab Sleman Serahkan Dana Hibah Pilkada Rp58,5 MiliarIlustrasi Anggaran. (IDN Times/Aditya Pratama)

Sementara Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sleman, Indra Darmawan menjelaskan dana hibah pelaksanaan Pilkada serentak 2024 ini telah disepakati oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), KPUD dan Bawaslu Sleman. Serta dituangkan dalam berita acara kesepakatan. 

"Penyediaan dana hibah Pilkada dianggarkan 2023 sebesar 40 persen, dan tahun anggaran 2024 sebesar 60 persen dari besaran total dana hibah yang disepakati," jelas Indra. 

Baca Juga: Kecelakaan Mercedes Benz di Sleman, Pak Ogah Meninggal

3. Rincian dana hibah yang diserahkan

Pemkab Sleman Serahkan Dana Hibah Pilkada Rp58,5 MiliarIlustrasi Uang. (IDN Times/Aditya Pratama)

Adapun besaran dana hibah yang diserahkan yaitu Rp44,75 miliar untuk KPU Sleman dengan rincian Rp17,90 miliar tahun anggaran 2023, dan Rp26,85 miliar tahun anggaran 2024. Sedangkan dana hibah Bawaslu sebesar Rp13,75 miliar dengan rincian Rp5,5 miliar tahun anggaran 2023, dan Rp8,25 miliar tahun anggaran 2024.

Baca Juga: Tangani Darurat Sampah, Tempat di Sleman Bakal Siap Awal Agustus

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya