Pemkab Sleman Ajak IDI Tangani Stunting hingga Kesehatan Mental

Dorong peningkatan kualitas kesehatan masyarakat

Sleman, IDN Times - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman mengajak Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sleman meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. Selain itu, IDI Sleman diharapkan dapat mendukung program penanganan stunting hingga masalah kesehatan mental.

"Kami berharap IDI Sleman bisa mendukung komitmen Pemerintah Kabupaten Sleman dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat," kata Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, saat peringatan HUT IDI ke-115 di Lapangan Pemkab Sleman, Jumat (16/6/2023).

1. Kolaborasi tingkatkan kualitas kesehatan

Pemkab Sleman Ajak IDI Tangani Stunting hingga Kesehatan Mentalilustrasi check-up kesehatan (IDN Times/Aditya Pratama)

Menurut Kustini, IDI sebagai salah satu organisasi profesi di bidang kesehatan memiliki peran yang besar untuk mengedukasi masyarakat agar berperilaku sehat. Menurutnya untuk mendukung kesehatan masyarakat itu perlu adanya sinergi.

"Pemerintah Kabupaten Sleman terus berupaya meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. Upaya Pemkab Sleman tentu membutuhkan komitmen dan kemitraan yang kuat, salah satunya dengan IDI," katanya. 

2. Ajak tangan maslaah kesehatan mental

Pemkab Sleman Ajak IDI Tangani Stunting hingga Kesehatan Mentalilustrasi tenaga kesehatan (IDN Times/Aditya Pratama)

Pemkab Sleman diketahui juga memiliki program untuk mendukung kesehatan masyarakat. Oleh karenanya, Kustini juga mengajak IDI Sleman untuk dapat menyelaraskan program kegiatannya dengan kebijakan-kebijakan Pemerintah Kabupaten Sleman.

"Harapannya dapat membantu masyarakat pada bidang kesehatan, seperti kesehatan mental, penurunan stunting dan eliminasi tuberkulosis," ungkap Kustini. 

Baca Juga: SatuJantung 2.0, Pertolongan Pertama Penderita Henti Jantung

3. Bangun kesadaran masyarakat hidup sehat

Pemkab Sleman Ajak IDI Tangani Stunting hingga Kesehatan MentalPeringatan HUT IDI ke-115 di Lapangan Pemkab Sleman, Jumat (16/6/2023). (Dok. Istimewa)

Kustini juga menyampaikan apresiasinya kepada IDI dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat. Dalam peringatan HUT IDI di Sleman ini juga digelar kegiatan senam massal.

"Penyelenggaraan sejumlah kegiatan ini dapat menggugah kesadaran masyarakat untuk senantiasa melakukan pola hidup sehat," kata Kustini.

Baca Juga: Bantul Peringkat 2 Angka Stunting Terendah di DIY‎

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya