Pekan Budaya Difabel Hadir Kembali, Yuk Simak Berbagai Kegiatannya

Pekan Budaya Difabel mulai 27 November - 3 Desember 2023

Yogyakarta, IDN Times - Pekan Budaya Difabel (PBD) digelar untuk kelima kalinya. Tahun ini PBD mengangkat tema Obah Mamah Mingset Greget, diselenggarakan di Desa Wisata Rumah Domes, Sengir, Sumberharjo, Prambanan, Sleman mulai 27 November - 3 Desember 2023.

Ketua Panitia PBD 2023, Broto Wijayanto mengatakan tema yang diangkat bertautan dengan kegiatan sebelumnya, yaitu Titik Balik (2019), Pancarona (2020), Gemati (2021), dan Ngayomi Ngayemi (2022).

1. Arti tema kegiatan selama 5 tahun

Pekan Budaya Difabel Hadir Kembali, Yuk Simak Berbagai KegiatannyaMelukis bersama dengan Seniman, Nasirun. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Broto menjelaskan Titik Balik yang merupakan tema tahun 2019, mengandung arti difabel di DIY menemukan titik balik menjadi seseorang yang lebih percaya diri dan mampu bergaul di tengah masyarakat. Pancarona (2020), mempunyai makna keragaman kemampuan yang dimiliki difabel.

Selanjutnya, Gemati (2021), menjadi lanjutan dari tahun sebelumnya, ketika mereka memiliki sebuah kemampuan maka dipeluk dengan hati. "Sehingga mereka merasa nyaman. Ketika nyaman mereka merasa ayem tentrem (Ngayomi Ngayemi tema 2022)," jelas Broto, di Studio Nasirun, Senin (13/11/2023).

Sementara tahun ini, difabel bisa merasakan ketahanan pangan, sesuai fokus utama penyelenggaraan PBD 2023. 

2. Mengemban nilai inklusivitas

Pekan Budaya Difabel Hadir Kembali, Yuk Simak Berbagai KegiatannyaJumpa pers Pekan Budaya Difabel. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Penyelenggaraan PBD dari tahun ke tahun terus dilakukan pembenahan dan pengembangan. Penyelenggaraan PBD sejak awal tidak diniatkan sekedar pesta gembira, namun juga mengemban nilai-nilai inklusivitas.

"Membangun kebersamaan masyarakat difabel dengan masyarakat luas lainnya. Aspek kebermanfaatan atas penyelenggaraan pekan budaya ini menjadi fokus utama kami," tambah Kepala Seksi Seni, Dinas Kebudayaan DIY, Aryanto Hendro Suprantoro.

Baca Juga: Potret Rumah Kebugaran Difabel Beri Ruang Bagi Difabel untuk Berkumpul

3. Berbagai kegiatan dalam PBD 2023

Pekan Budaya Difabel Hadir Kembali, Yuk Simak Berbagai Kegiatannyapotret Rumah Domes Yogyakarta (instagram.com/jogjacitymewa)

Sejumlah kegiatan PBD 2023 adalah, pra acara melakukan mural rumah dome, melukis bersama Pak Nasirun, workshop bahasa isyarat, pengenalan difabel, pengolahan sampah, dan moekti terapi seni rupa. Kemudian pentas seni inklusi, pasar inklusi, pameran karya lukisan dan sastra audio, serta pemutaran film.

PBD tahun ini akan dimeriahkan oleh kelompok seni inklusi dan komunitas difabel. Selain keterlibatan berbagai komunitas menyemarakkan pekan budaya.

"Sosialisasi tentang masyarakat inklusi juga kami lakukan dalam bentuk wawancara atau talkshow. Perbincangan langsung dengan masyarakat merupakan cara paling efektif dalam menyebarkan nilai-nilai penting dalam masyarakat inklusi," kata Hendro.

Baca Juga: Asyik, Ada Diskon Tiket KA 20 Persen untuk Penumpang Difabel

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya