Comscore Tracker

Lebaran, Penumpang KA Bandara YIA Diprediksi Naik 234 Persen

Jumlah perjalanan KA Bandara akan ditambah

Yogyakarta, IDN Times - Penumpang KA Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) diperkirakan meningkat hingga 234 persen pada momen angkutan Lebaran 2023 dibanding tahun sebelumnya. Jumlah perjalanan KA Bandara pun ditambah untuk menghadapi lonjakan penumpang.

“KAI Bandara memprediksi jumlah penumpang KA Bandara YIA mencapai 172.409 selama angkutan lebaran 2023, jumlah penumpang tersebut naik 234 persen jika dibandingkan dengan angkutan lebaran 2022. Akan ditambahkan juga 12 perjalanan KA pada angkutan lebaran 2023 ini guna memenuhi permintaan masyarakat”, ujar Direktur Utama Railink, Porwanto Handry, Rabu (22/3/2023).

1. Berbagai persiapan dilakukan

Lebaran, Penumpang KA Bandara YIA Diprediksi Naik 234 PersenKA Bandara di Yogyakarta International Airport (YIA). (IDN Times/Yogie Fadilla)

Porwanto mengungkapkan persiapan lainnya juga dilakukan PT Railink(KAI Bandara) menghadapi Lebaran. Di antaranya, bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian melaksanakan RAMP Check atau inspeksi kelengkapan. "Selain juga pelaksanaan posko angkutan Lebaran, penambahan perjalanan 12 KA untuk bandara YIA," ujar dia.

KAI Bandara juga menyiapkan sarana yang andal dan cadangan sarana yang siap operasi. PT Railink juga senantiasa berkoordinasi dengan PT KAI untuk kondisi dari prasarana perkeretaapian, peningkatan pengawasan, pelayanan safety talk dan lain-lain. 

2. Penjualan tiket per hari

Lebaran, Penumpang KA Bandara YIA Diprediksi Naik 234 PersenKereta ke Bandara Yogya International Airport (YIA). (IDN Times/Uni Lubis)

Untuk tiket KA Bandara YIA per harinya saat ini disediakan 7.200 tiket. KAI Bandara nantinya menambah tiket menjadi 9.600 tiket pada masa angkutan Lebaran 2023.

“Dengan adanya persiapan yang dilakukan PT Railink ini semoga membantu memudahkan perjalanan mudik masyarakat khususnya yang menggunakan KA Bandara Yogya," ujar Porwanto.

Baca Juga: Momen Lebaran 2023, DIY Bakal Dibanjiri 5,8 Juta Pemudik

3. Pemudik ke Jogja

Lebaran, Penumpang KA Bandara YIA Diprediksi Naik 234 PersenIlustrasi Tugu Pal Putih Yogyakarta (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Sebelumnya secara umum Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DIY, Ni Made Dwipanti Indrayanti, menyebut memang akan ada lonjakan pemudik tahun ini. Lonjakan tersebut hampir dua kali lipat dari Lebaran tahun lalu.

"Kita harus punya effort yang cukup. Sekitar 5,8 juta prediksinya (pemudik). Berbagai persiapan kami lakukan. Ada beberapa evaluasi juga dari tahun kemarin," ujar Made.

Baca Juga: KAI Daop 6 Operasikan KA Tambahan Lebaran, Tiket Sudah Bisa Dipesan

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya