Kadin DIY Harap Tahun Politik Beri Dampak Positif pada Bisnis

Kondisi bisnis masih dalam proses pemulihan

Yogyakarta, IDN Times - Kamar Dagang dan Industri Daerah Istimewa Yogyakarta (Kadin DIY) menilai jelang tahun politik 2024, sektor perekonomian akan terpengaruh. Diharapkan politik yang kerap terjadi secara transaksional, tidak berpengaruh buruk pada sektor ekonomi.

Ketua Kadin DIY, GKR Mangkubumi, menyebut bisnis juga tidak semata-mata masalah ekonomi. "Ada politiknya juga, biasanya terdampak (pengusaha hingga UKM), seperti bargain to. Koe milih aku tak bantu, ra milih ra tak bantu (Kamu memilih aku saya bantu, kalau tidak memilih tidak dibantu)," kata GKR Mangkubumi usai Syawalan 1444 H Kadin DIY, Minggu (7/5/2023). 

1. Diharapkan momen Pemilu gerakkan ekonomi

Kadin DIY Harap Tahun Politik Beri Dampak Positif pada BisnisKetua Kadin DIY, GKR Mangkubumi. (IDN Times/Holy Kartika)

GKR Mangkubumi hanya mengharapkan jelang tahun politik, tidak mengganggu ekonomi, khususnya para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di DIY. Sebaliknya, jelang Pemilu 2024 dapat mengerek bisnis, selepas dampak pandemi COVID-19 tiga tahun terakhir.

Optimisme tersebut tidak lepas karena GKR Mangkubumi melihat dinamika politik saat ini semakin baik. "Harapannya justru bisa mengangkat UKM, karena UKM ini yang paling terdampak, bahkan sejak pandemi COVID-19," kata GKR Mangkubumi. 

2. Ekonomi masih fluktuatif

Kadin DIY Harap Tahun Politik Beri Dampak Positif pada BisnisIlustrasi Harga Naik (IDN Times/Arief Rahmat)

Meski sejumlah kelonggaran sudah diberlakukan oleh pemerintah, dan ekonomi bisa kembali tumbuh, namun dinilai industri bisnis saat ini belum sepenuhnya bangkit. Sehingga, diharapkan tidak ada dampak negatif dari Pemilu nantinya yang berdampak ekonomi anjlok. Terlebih tantangan ekonomi global masih terjadi hingga saat ini.

Kondisi ekonomi masih fluktuatif, seperti dicontohkan dampak Perang Rusia-Ukraina membuat berdampak pada ekonomi. Kemudian, bisa kembali tumbuh pada saat momen libur Lebaran.

"Lalu sekarang kondisi Amerika juga sedang turun, dampaknya ekspor juga turun. Kalau bayi, ini baru merangkak, tapi lama, karena ada berbagai faktor. Makanya yang penting kita survive untuk ekonomi lokal, utamanya UKM dulu," ungkap GKR Mangkubumi.

Baca Juga: Kondisi Ekonomi Global hingga Politik Pengaruhi UMKM di 2023

3. Ajak anggota sukseskan pesta demokrasi

Kadin DIY Harap Tahun Politik Beri Dampak Positif pada BisnisIlustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

GKR Mangkubumi mengajak anggota Kadin DIY tetap menjaga kekompakan, jelang Pemilu 2024. Dia mengajak anggotanya aktif berperan menyukseskan pesta demokrasi.

"Semoga ekonomi bisa stabil, tidak terjadi gejolak, karena 2024 kita dihadapkan pada Pemilihan Umum. Mari jaga kesolidan, kekompakan, sehingga Pemilu berjalan baik. Demokrasi penting, tetapi jangan sampai terpecah-belah," ajak GKR Mangkubumi. 

Baca Juga: Triwulan I 2023, Pertumbuhan Ekonomi DIY Tertinggi se-Jawa

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya