Dinpar Yogyakarta Gelar Laksmita, Kenalkan 12 Event Unggulan 2023

Laksmita untuk dongkrak kunjungan dan lama tinggal wisatawan

Yogyakarta, IDN Times - Dinas Pariwisata (Dinpar) Kota Yogyakarta akan menggelar puluhan event tahun 2023. Sebagai penanda gelaran berbagai event tersebut, akan diselenggarakan Laksmita atau Launching Kalender Semarak Event Pariwisata Yogyakarta, di Pintu Barat Kepatihan, Danurejan, Yogyakarta, Jumat (25/11/2022) pukul 18.00 WIB.

Di acara tersebut akan ditampilkan 12 event unggulan yang diambil dari 60 event di Kota Yogyakarta tahun 2023. Penampilan cuplikan 12 event unggulan tersebut diperagakan oleh para seniman. 

1. Laksmita dorong kunjungan wisatawan

Dinpar Yogyakarta Gelar Laksmita, Kenalkan 12 Event Unggulan 2023IDNTimes/Holy Kartika

Laksmita 2023 merupakan salah satu program strategis Dinpar Kota Yogyakarta dalam mempromosikan pariwisata melalui event untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dan lama tinggal di Kota Yogyakarta. 

"Selain itu, menjadi kemudahan akses informasi pariwisata di Kota Yogyakarta. Kami berharap Laksmita masuk kalender event di tingkat nasional, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif," kata Kepala Dinpar Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko, saat konferensi pers, Rabu (23/11/2022).

2. Laksmita dengan konsep modern tradisional

Dinpar Yogyakarta Gelar Laksmita, Kenalkan 12 Event Unggulan 2023Kepala Dinpar Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo).

Konsep yang diambil pada pelaksanaan Laksmita 2023 adalah modern tradisional. Unsur modern didapatkan dari penggunaan modern lighting dan videotron untuk memperkuat visualisasi guna mendukung senima atau penampil saat menunjukkan aksinya.

Unsur tradisional didapatkan dari tari-tarian dan pengambilan warna Pareanom yang melambangkan warna khas Kota Yogyakarta yakni warna hijau dan kuning yang memiliki filosofi semangat jiwa muda dan kesuburan tanah air untuk kesejahteraan rakyat serta meningkatkan kesejahteraan.

Baca Juga: 9 Potret Kemeriahan Ngayogjazz 2022, Nikmati Jazz Tanpa Sekat

Baca Juga: 10 Kafe Jogja Buka hingga Jam 12 Malam, Nongkrong Lebih Bebas

3. 12 event unggulan dalam Laksmita 2023

Dinpar Yogyakarta Gelar Laksmita, Kenalkan 12 Event Unggulan 2023keseruan Ngayogjazz 2022 (twitter.com/ngayogjazz)

Adapun 12 event unggulan dalam Laksmita 2023 yaitu Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta XVIII di bulan Januari), Jogja Cross Culture bulan Mei, Pawai Alegoris Harmoni Jogja bulan Juni, ARTJOG 2023 bulan Juli, Prambanan Jazz 2023 di bulan Juli. Di bulan Agustus terdapat Pasar Kangen, Sumonar Fest 2023 bulan September, Wayang Jogja Night Carnival #8, Kustomfest, Biennale Jogja dan Malioboro Coffee Night #5 dilakukan di bulan Oktober, dan NGAYOGJAZZ bulan November.

"Banyaknya penyelenggaraan event berkualitas di DIY khususnya Kota Yogyakarta diharapkan event tersebut dapat menjadi daya tarik wisata, serta menjadi penggerak ekonomi daerah dan mampu membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," ujar Wahyu.

Baca Juga: Malioboro Coffee Night Digelar di Jalan Jenderal Sudirman, Kotabaru  

Baca Juga: 8 Kafe Dekat Lempuyangan yang Cocok buat Kerja, Tenang dan Homey

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya