Darurat Sampah, TPST Tamanmartani Bakal Difungsikan Sementara

Pengoperasian TPST Tamanmartani ditarget awal tahun 2024

Sleman, IDN Times - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sleman menargetkan pada bulan Agustus 2023 ini, lahan TPST Tamanmartani bisa digunakan untuk menampung sampah sementara waktu. Setidaknya dalam waktu dua bulan ke depan, lahan TPST Tamanmartani akan difungsikan sementara, meski pembangunan belum selesai sepenuhnya.

Kepala DLH Sleman, Epiphana Kristiyani mengungkapkan saat ini lahan di TPST Tamanmartani memang belum bisa digunakan untuk 'parkir' sampah sementara. Sejumlah persiapan diungkapkannya masih perlu dilakukan.

1. Persiapan untuk penggunaan sementara lahan TPST Tamanmartani

Darurat Sampah, TPST Tamanmartani Bakal Difungsikan SementaraPengerjaan TPST Tamanmartani, Selasa (1/8/2023). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Epiphana menyebut penggunaan lahan di TPST Tamanmartani sudah ada persetujuan dari warga. Pihaknya menargetkan bulan ini harus bisa digunakan. Upaya untuk mengantisipasi pencemaran akan dilakukan.

"Kami harus mempersiapkan pembangunan di sana. Harus melapisi geomembrane, agar tidak terjadi pencemaran lindi sampah ke sana. Kemudian kami juga harus mempersiapkan akses jalan masuk," ungkap Epiphana.

2. Akan digunakan sementara dalam dua bulan

Darurat Sampah, TPST Tamanmartani Bakal Difungsikan SementaraPengerjaan TPST Tamanmartani, Selasa (1/8/2023). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Diungkapkan Epiphana, sementara waktu dalam dua bulan, lahan di TPST Tamanmartani akan menampung 50 ton sampah per hari. "Kita kan menitipkan sampah, ya sejak ditutupnya TPA Piyungan ini, sampai dibuka," ungkapnya.

Penggunaan lahan di TPST Tamanmartani ini untuk mengatasi darurat sampah sementara waktu. "Bulan ini harus bisa digunakan untuk menitipkan, karena ya sampah-sampah sudah di jalan," ujar dia.

Baca Juga: Polda DIY Pastikan Korban Mutilasi di Sleman adalah Redho

3. Pengoperasian penuh TPST Tamanmartani ditarget awal tahun 2024

Darurat Sampah, TPST Tamanmartani Bakal Difungsikan SementaraPengerjaan TPST Tamanmartani, Selasa (1/8/2023). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Sementara itu untuk penyelesaian TPST Tamanmartani, Epiphana menyebut pembangunan melibatkan dua OPD, yaitu Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Sleman dan DLH Sleman. DPUPKP Sleman melakukan pengerjaan pematangan lahan, membangun pagar, dan jalan masuk.

Sementara DLH akan membangun gedung yang digunakan untuk meletakkan alat-alat pengelolaan sampah. "Ini akan kita mulai, kalau sesuai dengan dokumen lelang, dan sudah masukkan ke pengadaan, sekitar tanggal 9 Agustus 2023, kami sudah (bangun) konstruksi di sana, setelah DPUPKP selesai," ungkapnya.

Diharapkan pembangunan akan selesai pada akhir tahun 2023 mendatang. Ditargetkan awal tahun 2024, TPST Tamanmartani yang memiliki luasan sekitar 1 hektare itu sudah bisa dioperasionalkan.

Baca Juga: 6 Cara Kreatif Manfaatkan Baju Lama Agar Tak Berakhir di Tempat Sampah

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya