Batas Waktu Ambil Sikap terhadap Ade Armando, Ini Kata DPW PSI DIY

Paman Usman tuntut ketegasan hingga Rabu ini

Yogyakarta, IDN Times - Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Solidaritas Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (DPW PSI DIY), Kamaruddin, angkat bicara terkait tuntutan sikap tegas dari PSI terhadap Ade Armando yang dilayangkan oleh massa Paguyuban Masyarakat Ngayogyakarta untuk Sinambung Keistimewaan (Paman Usman). Diketahui Paman Usman menuntut sikap tegas PSI terhadap Ade Armando hingga Rabu (6/12/2023) ini.

Kamaruddin menyebut DPW PSI DIY telah menindaklanjuti tuntutan dari kelompok Paman Usman yang datang ke kantor DPW PSI DIY, Senin (4/12/2023). "Surat dari DPW PSI DIY sudah kami layangkan ke DPP. Jadi tuntutan dari aksi mereka sudah kami layangkan," ujar Kamaruddin, Rabu (6/12/2023).

1. DPW PSI DIY sudah bersurat ke DPP

Batas Waktu Ambil Sikap terhadap Ade Armando, Ini Kata DPW PSI DIY(Ki-ka) Ketua DPW PSI DIY, Kamaruddin dan Ketua DPP PSI, Aishah Gray. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Kamaruddin menyambut baik masukan dari Paman Usman beberapa hari lalu. Ia menilai hal tersebut wujud kepedulian juga kepada PSI. Namun, untuk tindak lanjut langkah terhadap Ade Armando, disebut Kamaruddin menjadi kewenangan dari DPP PSI.

"Kita tinggal tunggu saja respons DPP. Memang Ade Armando ini kan caleg PSI dapil DKI, kita kan gak punya otoritas sejauh itu," ungkap Kamaruddin.

DPP PSI disebutnya juga tengah mengkaji, karena bagaimanapun Ade Armando sudah masuk Daftar Calon Tetap (DCT). "Lagi dikaji oleh DPP. Kalau DCT otoritasnya KPU, Bawaslu," ungkap Kamaruddin.

2. PSI meminta bersabar tunggu keputusan

Batas Waktu Ambil Sikap terhadap Ade Armando, Ini Kata DPW PSI DIYPaman Usman saat menggeruduk Kantor DPW PSI DIY, di Muja-Muju, Umbulharjo, Senin (4/12/2023). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Kamaruddin meminta masyarakat bersabar menunggu keputusan. "Prosesnya memang cukup panjang, mohon bersabar. Kita tunggu jawaban DPP," ujarnya.

Ia menegaskan pada dasarnya PSI menghormati keistimewaan DIY. Pihak DPW PSI maupun DPP PSI juga meminta maaf. Ade Armando secara pribadi melalui akun media sosial X pribadinya juga sudah meminta maaf atas pernyataannya.

"Kalau memang Ade Armando datang ke Jogja minta maaf tentu bagus," ungkap Kamaruddin.

Baca Juga: Paman Usman Geruduk Kantor PSI DIY Buntut Pernyataan Ade Armando

3. Paman Usman akan laporkan Ade Armando ke Polda DIY

Batas Waktu Ambil Sikap terhadap Ade Armando, Ini Kata DPW PSI DIYPaman Usman saat menggeruduk Kantor DPW PSI DIY, di Muja-Muju, Umbulharjo, Senin (4/12/2023). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Diketahui Paman Usman berencana melaporkan Ade Armando ke Polda DIY pada Kamis (7/12/2023). "Saya rasa sudah cukup kami menunggu. Sehingga kami tindak lanjuti dengan pelaporan," ungkap Koordinator Paman Usman, Widihasto Wasana Putra.

Saat disinggung mengenai Paman Usman yang mengancam mencopoti simbol PSI di DIY jika tidak ada ketegasan terhadap Ade Armando, Hasto menyebut mendengar kabar tersebut. "Saya dengar demikian, inisiatif para warga melakukannya," ungkap Hasto.

Baca Juga: Aliansi Masyarakat Jogja Istimewa Laporkan Ade Armando ke Polda DIY

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya