Alun-Alun Selatan Kota Yogyakarta Ditutup saat Malam Tahun Baru 

Tidak ada aktivitas di Alun-Alun Selatan Keraton Yogyakarta

Yogyakarta, IDN Times - Kawasan Alun-Alun Selatan atau disebut Alun-Alun Kidul (Alkid) Keraton Yogyakarta akan ditutup saat malam pergantian tahun baru 2023 atau Sabtu (31/12/2022). Aktivitas perekonomian di kawasan Alun-Alun Selatan juga ditiadakan.

Mantri Pamong Praja Kemantren (Camat) Kraton, Sumargandi mengatakan penutupan dilakukan mulai Sabtu (31/12/2022) pukul 18.00 WIB hingga Minggu (1/1/2023) pukul 06.00 WIB. "Setelah itu buka lagi, biasa lagi. Istilahnya pas malam itu (malam tahun baru)," ujar Sumargandi, Jumat (30/12/2022).

1. Sejumlah titik di sekitar Alun-Alun Selatan ditutup

Alun-Alun Selatan Kota Yogyakarta Ditutup saat Malam Tahun Baru Alun-Alun Kidul (instagram.com/imanwahyudi)

Penutupan direncanakan mulai dari sejumlah titik yang berada tidak jauh dari lokasi Alun-Alun Selatan. "Rencananya di Gading dari selatan dari Polsek Mantrijeron sudah tutup gak boleh masuk. Nanti di titik Toko Mamahke Jogja (Patehan Kraton), biasanya cafe-cafe ramai sekali, kemudian di sisi SMP Muhammadiyah 5 itu. Sebelah timur jalan Langenastran lor, kidul itu," ujar Sumargandi.

Dikatakan Sumargandi, penutupan ini sudah didiskusikan dengan sejumlah pihak terkait seperti Polsek, Koramil. Upaya ini dilakukan untuk mengantisipasi tingkat kerawanan dan kemacetan di wilayah tersebut.

2. Dikhawatirkan terjadi kemacetan

Alun-Alun Selatan Kota Yogyakarta Ditutup saat Malam Tahun Baru Alun - alun Kidul Yogyakarta. IDN TImes/Febriana Sinta

Jika tidak ada penutupan, menurut Sumargandi kawasan Alun-Alun Selatan terjadi kemacetan, pasalnya untuk keluar masuk kendaraan di sekitar tempat tersebut juga terbatas.

"Nanti tumplek blek (menumpuk) di Alun-Alun Selatan. Itu dimungkinkan sampai nanti kepadatannya membuat macet, karena Kraton diubengi (dikelilingi) benteng, dan jalan arus keluarnya itu hanya titik tertentu saja. Nanti akses warga juga terganggu," ujar Sumargandi.

Dirinya menyebut kepadatan lalu lintas di sekitar Alun-Alun Selatan mulai terlihat akhir-akhir ini. "Kalau tidak ditutup, mungkin tidak bisa jalan lancar. Walaupun kita nanti sudah mengerahkan dari Polsek, Koramil dan Linmas untuk pengaturan. Harapannya nanti terurai, tidak satu titik itu," ujarnya.

Baca Juga: 10 Hotel di Dekat Alun-alun Kidul Jogja, Murah sampai Mewah

Baca Juga: Sejarah dan Mitos Taman Sari, Tempat Wisata Keraton Yogyakarta

3. Aktivitas ekonomi diharapkan libur

Alun-Alun Selatan Kota Yogyakarta Ditutup saat Malam Tahun Baru instagram.com/ananphotograph

Terkait kawasan Alun-Alun Selatan yang biasa dijadikan aktivitas ekonomi masyarakat, seperti penjaja makanan maupun odong-odong, pihaknya meminta untuk tidak melakukan aktivitas sementara waktu. Ia menyebut telah mendiskusikan hal ini kepada pihak terkait.

"Pas jam itu dimohon untuk tidak melakukan kegiatan ekonomi, karena ditutup. Istilahnya pengunjung juga berkurang. Kita informasikan untuk menyesuaikan diri libur satu malam tersebut," kata Sumargandi.

Baca Juga: Gandhok Coffee, Kedai Kopi dan Tempat Makan Bakmi Dekat Keraton Jogja 

Baca Juga: 7 Waterpark di Jogja yang Cocok untuk Ajak Anak-Anak, Seru

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya