7 Ribu Lurah dan Pamong Kalurahan se-DIY Siap Deklarasi Pemilu Damai

Akan ada sapa aruh Sri Sultan

Yogyakarta, IDN Times - Menyongsong pesta demokrasi, Jogja Nyawiji ing Pesta Demokrasi siap digelar di Monumen Jogja Kembali, Sleman, Sabtu (28/10/2023) pagi. Pada kegiatan yang dimotori oleh Paguyuban Lurah dan Pamong Kalurahan DIY Nayantaka ini juga akan dilakukan Sapa Aruh oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Sekretaris Daerah DIY, Beny Suharsono, mengatakan kegiatan ini memiliki konsep besar Sapa Aruh, di mana para Lurah, pamong kalurahan dan masyarakat yang hadir akan bersama-sama mendengarkan wejangan dan arahan dari Sri Sultan.

"Salah satu arahan beliau nantinya soal Pemilu 2024, di mana pesta demokrasi ini nantinya harus berjalan aman dan damai di DIY," ungkapnya dalam Jumpa Pers di Gedhong Paracimasana, Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Jumat (27/10/2023).

1. ASN juga dituntut netral saat Pemilu 2024

7 Ribu Lurah dan Pamong Kalurahan se-DIY Siap Deklarasi Pemilu DamaiSekretaris Daerah DIY, Beny Suharsono. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Beny pun menuturkan, kegiatan ini bersifat terbuka untuk umum, khususnya bagi masyarakat yang ingin bersama-sama mendengarkan isi Sapa Aruh Sri Sultan kali ini. Masyarakat yang berminat untuk hadir dapat menggunakan pakaian Jawa dan mengikuti jalannya acara yang akan dilakukan sejak pukul 09.00 WIB.

Terkait kenetralan ASN, termasuk pihak penyelenggara pemerintahan dalam hal ini Lurah dan pamong kalurahan, Beny menuturkan, semua sudah memiliki aturannya dan tentu juga ada sanksinya, baik berat, sedang maupun ringan.

"Dalam hal ini, termasuk juga semua pegawai pemerintah yang dibiayai APBD. Tentu harus netral karena di OPD masing-masing mereka wajib membuat pakta integritas," ujarnya.

2. Peran lurah sebagai pemangku keistimewaan

7 Ribu Lurah dan Pamong Kalurahan se-DIY Siap Deklarasi Pemilu DamaiKepala Biro Tata Pemerintahan Setda DIY, KPH Yudanegara. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Kepala Biro Tata Pemerintahan Setda DIY, KPH Yudanegara, mengatakan kegiatan Jogja Nyawiji ing Pesta Demokrasi ini sangat erat kaitannya dengan peran Lurah sebagai pemangku urusan keistimewaan di DIY. Dalam hal ini, Lurah juga memiliki tanggung jawab untuk menjaga agar lima urusan keistimewaan yang diamanatkan pada UU Keistimewaan bisa terjaga dan terlaksana dengan baik dan lancar.

"Dan dari pihak Paguyuban Nayantaka menginginkan adanya Sapa Aruh dari Sri Sultan Hamengku Buwono X. Karena beliau bukan hanya sebagai Gubernur DIY, tapi juga merupakan Raja," imbuhnya.

Baca Juga: BEM DIY Desak MKMK Adil Tangani Dugaan Etik Soal Putusan Usia Capres

3. Jaga keamanan dan ketertiban Pemilu 2014

7 Ribu Lurah dan Pamong Kalurahan se-DIY Siap Deklarasi Pemilu DamaiSekretaris Jenderal Paguyuban Lurah dan Pamong Kalurahan DIY Nayantaka, Suhadi. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Sekretaris Jenderal Paguyuban Lurah dan Pamong Kalurahan DIY Nayantaka, Suhadi, mengatakan pada prinsipnya kegiatan ini adalah deklarasi seluruh masyarakat DIY untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama Pemilu 2024. Menurutnya, dalam kesempatan ini para Lurah dan pamong kalurahan para kades, lurah juga meminta arahan kepada Sri Sultan agar mereka benar-benar bisa menjadi garda terdepan dalam menjaga kerukunan saat pemilu.

"Nantinya juga akan ada kesepakatan bersama tentang saling menghormati perbedaan dan mengedepankan kepentingan umum, memperkokoh bineka tunggal ika dalam kehidupan bermasyarakat sebagai keluarga besar NKRI. Dengan demikian pesta demokrasi mendatang bisa dilaksanakan dengan baik," paparnya.

Dikatakan Suhadi, pesta demokrasi di Indonesia masih memiliki potensi benturan dan friksi di masyarakat akibat perbedaan pandangan politik. Belum lagi masih adanya kemungkinan munculnya politik identitas yang bisa memecah belah bangsa. "Pesta ya pesta tapi jangan kelewat batas, apalagi sampai mencederai sosial kemanusiaan. Jadi ikrar deklarasi ini diharapkan membuat pemilu bisa dilaksanakan dengan lebih baik," ujarnya.

Baca Juga: 100 Muslim Muda Dilatih Menjadi Pemimpin Islam Berkeadilan dan Toleran

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya