Tambahan Pasien Sembuh di DIY Dua Kali Lipat Kasus Positif COVID    

Jumlah pasien sembuh sebanyak 2.163 orang

Kota Yogyakarta, IDN Times - Jumlah pasien sembuh dari COVID-19 hari ini mencapai 40 orang. Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan COVID-19 Berty Murtiningsih menyatakan penambahan hari ini menjadikan jumlah sembuh sebanyak 2.163 orang. 

"Berdasarkan wilayah domisili, jumlah pasien sembuh 12 orang berasal dari Kabupaten Bantul, empat orang asal Kulon Progo, empat orang asal Gunung Kidul, serta 20 orang dari Kabupaten Sleman," papar Berty, Selasa (6/10/2020). 

 

 

1. Jumlah pasien positif menjadi 2.833 kasus

Tambahan Pasien Sembuh di DIY Dua Kali Lipat Kasus Positif COVID    Ilustrasi corona. IDN Times/Arief Rahmat

Melalui keterangan tertulisnya, Berty menyatakan tambahan 20 pasien terkonfirmasi positif, sehingga jumlah kasus positif COVID-19 di DIY menjadi 2.833 kasus.

Tambahan kasus hari ini berasal dari hasil pemeriksaan laboratorium di DIY terhadap 453 sampel spesimen dari 384 orang.

 

Baca Juga: Kompetisi Ditunda Sebulan, PSS Sleman Tetap Geber Latihan

2. Tambahan kasus positif terbanyak berasal dari Gunungkidul

Tambahan Pasien Sembuh di DIY Dua Kali Lipat Kasus Positif COVID    Petugas kesehatan memakai alat pelindung diri (APD) saat melakukan uji usap pada pekerja konstruksi untuk uji antigen cepat di lokasi konstruksi, ditengah wabah penyakit virus corona (COVID-19), di Ahmedabad, India, Rabu (9/9/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Amit Dave)

Berdasarkan wilayah domisili, 20 pasien baru tersebut berasal dari Kota Yogyakarta satu kasus, empat kasus asal Bantul, enam kasus asal Kulon Progo, tujuh kasus asal Gunungkidul, serta dua kasus asal Sleman.

Mengacu pada riwayat kasusnya, ditemukan sebanyak delapan kasus hasil tracing kontak kasus, enam kasus pelaku perjalanan, satu kasus kontak keluarga yang bepergian, serta lima kasus masih dalam penelusuran.

3. Data rumah sakit rujukan

Tambahan Pasien Sembuh di DIY Dua Kali Lipat Kasus Positif COVID    Ilustrasi pasien COVID-19 (ANTARA FOTO/REUTERS/Ronen Zvulun)

Berdasarkan data dari rumah sakit rujukan, total jumlah suspek COVID-19 hingga hari tercatat sebanyak 12.930 orang. Dari jumlah suspek tersebut, 2.833 orang terkonfirmasi positif di mana 2.163 orang di antaranya sembuh dan 75 orang meninggal.

Jumlah tempat tidur untuk pasien critical digunakan 27, sisa sebanyak 21 bed.Sedangkan untuk pasien non-critical digunakan 161, tersisa 243 bed.  

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19, menggelar kampanye 3M : Gunakan Masker, Menghindari Kerumunan, atau jaga jarak fisik dan rajin Mencuci tangan dengan air sabun yang mengalir. Jika protokol kesehatan ini dilakukan dengan disiplin, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan virus. Menjalankan gaya hidup 3M, akan melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita. Ikuti informasi penting dan terkini soal COVID-19 di situs covid19.go.id dan IDN Times.

Baca Juga: Disdik Sleman Persiapkan Skenario Kegiatan Belajar Tatap Muka

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya