Stasiun Wates dan Klaten Dilengkapi Layanan Pemeriksaan GeNose

PT KAI klaim penumpang antusias memakai GeNose

Kota Yogyakarta, IDN Times - Pemeriksaan COVID-19 dengan menggunakan GeNose bagi penumpang kereta api ditambah. Sebanyak tiga stasiun di wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah kini dilengkapi dengan GeNose.

Total saat ini ada enam stasiun di wilayah kerja PT KAI Daop 6 Yogyakarta yang memberikan layanan pemeriksaan GeNose untuk syarat bepergian menggunakan kereta api.

"Layanan pemeriksaan GeNose bisa diakses di Stasiun Wates, Klaten, dan Purwosari mulai Selasa (30/3/2021)," ujar Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta, Supriyanto, di Yogyakarta, Senin (29/3/2021). 

 

 

1. PT KAI tambah 21 stasiun bisa layani pemeriksaan GeNose

Stasiun Wates dan Klaten Dilengkapi Layanan Pemeriksaan GeNoseMesin GeNose. Dok. Humas Pemprov Jateng

Supriyanto menjelaskan sebelumnya, pemeriksaan GeNose hanya bisa diakses di tiga stasiun yaitu Stasiun Tugu Yogyakarta, Lempuyangan, dan Solo Balapan. Tarif yang ditetapkan untuk pemeriksaan tersebut tetap sama yaitu Rp30.000 per penumpang.

Penambahan layanan pemeriksaan GeNose di tiga stasiun di Daop 6 tersebut, kata Supriyanto, merupakan bagian dari penambahan layanan di 21 stasiun secara serentak seperti di Stasiun Banjar, Tasikmalaya, Jatibarang, Pekalongan, Cepu, Gombong, Kebumen, Sidareja, Kroya, Blitar, Kediri, Kertosono, Nganjuk, Lamongan, Mojokerto, dan Probolinggo.

Penambahan layanan GeNose tersebut merupakan hasil kerja sama antara KAI dan Indofarma melalui anak perusahaannya Farmalab.

Baca Juga: GeNose Siap Dipakai di Bandara dan Stasiun, UGM Rampungkan Pengiriman

2. Total 44 stasiun KA bisa layani pemeriksaan GeNose

Stasiun Wates dan Klaten Dilengkapi Layanan Pemeriksaan GeNoseTes GeNose di Stasiun Bekasi. (Dok. Humas PT KAI)

Supriyanto menambahkan dengan tambahan stasiun yang bisa melayani pemeriksaan GeNose, maka saat ini sudah ada 44 stasiun yang dilengkapi alat buatan UGM tersebut. Pemeriksaan menggunakan GeNose untuk penumpang kereta api sudah diawali pada Februari, salah satunya dari Stasiun Tugu Yogyakarta.

"Penyediaan GeNose yang terus diperbanyak merupakan komitmen kami dalam memberikan pelayanan bagi penumpang untuk memenuhi syarat bepergian menggunakan kereta api,” ujarnya.

3. Penumpang antusias manfaatkan GeNose

Stasiun Wates dan Klaten Dilengkapi Layanan Pemeriksaan GeNoseGeNose buatan UGM. Dok: Humas UGM

Lebih lanjut, kata Supriyanto, berdasarkan pengamatan di lapangan penumpang antusias memanfaatkan pemeriksaan menggunakan GeNose. Mereka beralasan proses pemeriksaannya mudah, cepat, dan biayanya pun cukup murah sehingga terjangkau dan tidak memberatkan calon penumpang kereta api.

“Syarat bisa mengakses layanan GeNose di stasiun adalah menunjukkan tiket atau kode booking. Hasil pemeriksaan GeNose di 44 stasiun dapat dimanfaatkan untuk naik kereta jarak jauh,” ujarnya.

Berdasarkan catatan PT KAI, hingga saat ini, sudah ada lebih dari 340.000 pemeriksaan yang dilakukan menggunakan GeNose di seluruh stasiun.

 

Baca Juga: 2021 Unit GeNose Didistribusikan, Pengin Beli Ini Cara Pesannya   

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya