Skuter Listrik Marak di Malioboro, Sri Sultan: Taati Aturan! 

Sri Sultan minta tangkap pengelola skuter yang ngeyel

Yogyakarta, IDN Times - Sri Sultan meminta pengelola skuter listrik yang masih beroperasi di kawasan Malioboro dan Tugu Yogyakarta untuk menghentikan kegiatannya menyewakan kepada wisatawan di kawasan Malioboro dan Tugu Jogja.

Menurut Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) para pengelola telah melanggar Surat Edaran (SE) Gubernur DIY No.551/4671 tentang Larangan Operasional Kendaraan Tertentu Menggunakan Penggerak Motor Listrik di Jalan Margo Utomo, Jalan Malioboro, dan Jalan Margo Mulya.

1. Aturan larangan diterbitkan awal April 2022

Skuter Listrik Marak di Malioboro, Sri Sultan: Taati Aturan! Sri Sultan Hamengku Buwono X. (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Menurut Sri Sultan, aktivitas skuter listrik melanggar aturan yang telah diterbitkan pada awal April 2022. "Sebetulnya tidak boleh, sudah ada aturannya. Malioboro kan ada petugasnya, Pemkot Yogyakarta harus menindak itu (pengelola skuter listrik)," ujar Sri Sultan kepada wartawan di Kompleks Kepatihan, Kantor Gubernur, Senin (11/7/2022). 

2. Sri Sultan pengelola skuter taati aturan

Skuter Listrik Marak di Malioboro, Sri Sultan: Taati Aturan! Wisatawan berada di kawasan Malioboro, Yogyakarta. (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Sultan meminta para pengelola skuter listrik untuk menaati aturan yang berlaku, jika tidak ia meminta petugas untuk menangkap. 

"Kan sudah ada larangannya. Saya suruh tangkap kalau tidak mau tunduk pada aturan," tegas Sri Sultan. 

Baca Juga: Skuter Listrik Resmi Dilarang di Kawasan Tugu hingga Malioboro     

3. Persewaan skuter di Malioboro langgar aturan

Skuter Listrik Marak di Malioboro, Sri Sultan: Taati Aturan! Pexels/cottonbro

Pernyataan Sri Sultan dilontarkan lantaran saat ini kembali marak persewaan dan penggunaan skuter listrik. Beberapa di antaranya menyediakan jasa penyewaan skuter listrik di Malioboro. Bahkan beberapa pengguna berani menggunakan di jalan raya dan melawan arah.   

Baca Juga: Catat, Mulai Besok Selasa Wage kembali Digelar di Malioboro!

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya