Rektor ISI Meninggal, Dunia Seni Tanah Air Kehilangan Sosok Motivator

Karya Timbul Raharjo banyak dipajang di ruang publik Jogja

Yogyakarta, IDN Times - Rektor ISI Yogyakarta Profesor Dr. Drs. Timbul Raharjo M.Hum meninggal dunia karena sakit pada Selasa (5/9/2023), sekitar pukul 17.20 WIB di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Sardjito Yogyakarta.

Pembantu Rektor Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta Irwandi mengatakan, dunia seni Tanah Air kehilangan pribadi yang mampu menjadi sumber inspirasi dengan meninggalnya Timbul Raharjo.

Menurut Irwandi, Timbul juga sekaligus motivator bagi seniman-seniman muda dan pelaku industri ekonomi kreatif. "Dunia seni dan ekonomi kreatif di Tanah Air kehilangan pribadi yang mampu menjadi sumber inspirasi sekaligus motivator bagi seniman-seniman muda dan pelaku industri ekonomi kreatif," katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (6/9/2023). 

1. Timbul dikenal sebagai akademisi, seniman dan entrepreneur

Rektor ISI Meninggal, Dunia Seni Tanah Air Kehilangan Sosok MotivatorProf. Timbul Raharjo dikukuhkan sebagai guru besar bidang ilmu kriya ISI Yogyakarta pada 23 Maret 2023. (Dok. ISI Yogyakarta)

Irwandi menambahkan semasa hidupnya almarhum dikenal sebagai akademisi, seniman dan entrepreneur di bidang ekonomi kreatif. "Sebagai seorang akademisi beliau merupakan akademisi yang produktif melakukan penelitian, publikasi ilmiah dan menulis buku ajar," katanya.

Kemampuan almarhum sebagai akademisi bidang seni telah diakui di level nasional dan internasional sehingga sering menjadi narasumber workshop, seminar baik di dalam maupun di luar negeri.

 

2. Karya Timbul banyak dipajang di ruang publik di DIY

Rektor ISI Meninggal, Dunia Seni Tanah Air Kehilangan Sosok MotivatorInstalasi seni di kawasan Malioboro. IDN Times/Febriana Sinta

Menurut Irwandi, karya-karya Timbul Raharjo dalam bentuk patung atau keramik dapat dijumpai di ruang publik. Seperti patung Singa di Sleman City Hall, Patung Jenderal Soedirman dan Pangeran Diponegoro di Bantul serta Patung Singa Tegar Jawara merupakan beberapa karya monumental beliau di ruang publik.

“Dengan kompetensi seni yang dimiliki, Timbul Raharjo juga menjadi entrepreneur di bidang ekonomi kreatif,” ujarnya.

Baca Juga: Ribuan Orang Beri Penghormatan Terakhir kepada Timbul Raharjo

3. PT Timboel menjadi bukti keberhasilan sebagai entrepreneur

Rektor ISI Meninggal, Dunia Seni Tanah Air Kehilangan Sosok MotivatorJenazah Rektor ISI Yogyakarta Prof.Timbul Raharjo di semayamkan di Kampus ISI Yogyakarta.(IDN Times/Daruwaskita)

Berdirinya PT. Timboel yang mampu menyerap banyak tenaga kerja serta memberdayakan masyarakat di sekitar Kasongan Kabupaten Bantul, kata Irwandi, menjadi bukti keberhasilannya sebagai seorang entrepreneur.

 

Baca Juga: Rektor ISI Yogyakarta Timbul Raharjo Tutup Usia

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya