Puncak Acara HUT Yogyakarta, Kawasan Tugu Ditutup Selama 5 Jam  

Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) digelar Jumat (7/10/2022)

Yogyakarta, IDN Times - Sejumlah jalan di kawasan Tugu Yogyakarta akan ditutup selama kegiatan Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) yang digelar Jumat (7/10/2022) malam. Penutupan akan dimulai pukul 17.00 WIB hingga 22.00 WIB sebagai puncak acara rangkaian peringatan HUT ke-266 Kota Yogyakarta.

Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Golkari Made Yulianto mengingatkan penutupan akan memberikan dampak pada peningkatan kepadatan arus lalu lintas di ruas jalan lainnya.

1. Penutupan dimulai pukul 17.00 WIB

Puncak Acara HUT Yogyakarta, Kawasan Tugu Ditutup Selama 5 Jam  Pixabay

Golkari mengatakan Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta bersama Polresta Yogyakarta akan menerjunkan petugas untuk membantu mengatur dan mengarahkan pengguna jalan agar tidak terjebak kepadatan lalu lintas.

"Saat kegiatan berlangsung, akan dilakukan manajemen lalu lintas dengan penutupan sejumlah ruas jalan dari berbagai sisi yang dimulai pukul 17.00 WIB hingga sekitar pukul 22.00 WIB," kata Golkari Made Yulianto, Rabu (5/10/2022). 

Selain itu akan dilakukan pengaturan durasi lampu lalu lintas dari ruang kontrol di Kantor Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, sehingga arus lalu lintas diupayakan tetap lancar.

 

2. Berikut beberapa ruas jalan yang ditutup untuk umum

Puncak Acara HUT Yogyakarta, Kawasan Tugu Ditutup Selama 5 Jam  Tugu Pal Putih Yogyakarta (IDN Times/Febriana Sinta)

Golkari menerangkan penutupan jalan di sisi barat akan dimulai dari simpang empat Pingit. Sisi utara dari simpang empat Jetis dan dari sisi timur dilakukan dari simpang empat Gramedia serta simpang tiga Jalan C Simanjuntak.

Penutupan akan dilakukan di sekitar Jembatan Gondolayu, seperti Jalan Sabirin, Jalan Dewa Nyoman Oka dan Jalan Faridan M Noto karena lokasi tersebut digunakan sebagai tempat persiapan peserta WJNC.

"Penutupan di simpang Pingit akan menimbulkan dampak pada kepadatan di Jalan Magelang, Jalan Tentara Pelajar, dan Jalan Kyai Mojo. Kepadatan juga diperkirakan terjadi di kawasan Terban," katanya dikutip Antara.

Baca Juga: 10 Agenda Acara HUT Ke-266 Kota Jogja, Wayang Sampai Fashion

3. Parkir pengunjung di Jalan Poncowinatan dan Kranggan

Puncak Acara HUT Yogyakarta, Kawasan Tugu Ditutup Selama 5 Jam  Wayang Kapi-Kapi di Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) tahun 2019 di Tugu Pal Putih.IDN Times/Holy Kartika

Sementara lokasi parkir bagi pengunjung disediakan di Jalan Poncowinatan dan Kranggan. "Lokasi parkir tidak jauh dari Tugu. Bagi tamu undangan, kami siapkan parkir di Jalan Diponegoro," katanya.

Setelah acara WJNC selesai, seluruh ruas jalan akan kembali dibuka. "Dari pengalaman tahun sebelumnya, arus lalu lintas bisa cepat kembali lancar karena arus kendaraan yang melintas juga sudah berkurang," katanya.

Baca Juga: 14 Karakter Wayang Kapi-Kapi yang Ada di Keraton Jogja, Kenalan Yuk!

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya