Comscore Tracker

Pulang dari Surabaya, 5 Anggota Keluarga Tertular Virus Corona

Kasus COVID-19 di DIY bertambah 7

Kota Yogyakarta, IDN Times- Gugus Tugas Penanganan Kasus COVID-19 Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menginformasikan penambahan sebanyak tujuh kasus positif COVID-19 pada Selasa (30/6). 

Juru Bicara Penanganan Kasus COVID-19 Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Berty Murtiningsih menyatakan 7 kasus tersebut menambah jumlah positif COVID-19 menjadi 312 kasus. 

 

Baca Juga: Layani Rapid Test Penumpang, Lion Air Group Patok Harga Rp95 Ribu 

1. Satu keluarga terpapar virus corona

Pulang dari Surabaya, 5 Anggota Keluarga Tertular Virus CoronaANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Dari jumlah penambahan kasus tersebut, 5 kasus di antaranya merupakan satu keluarga yang berasal dari Kabupaten Bantul. yaitu: 

1. Kasus 309, perempuan bersusia 1 tahun

2. Kasus 310, perempuan berusia 39 tahun,

3. Kasus 311, laki laki berusia 44 tahun,

4. Kasus 312, laki laki berusia 5 tahun,

5. Kasus 313, perempuan berusia 68 tahun.

"Kelima kasus itu kontak dengan kasus positif yang bepergian dari Surabaya. Mereka berhubungan dengan pasien perempuan kasus 298 berusia 32 tahun yang terkonfirmasi positif COVID-19 pada 25 Juni 2020," ujar Berty pada Selasa (30/6). 

Juru Bicara Dinas Kesehatan Bantul Sri Wahyu Joko Santoso atau yang dikenal dengan panggilan dokter Oki mengatakan yang memiliki riwayat perjalanan dari Surabaya hanya pasien kasus 298. Ia membenarkan telah terjadi transmisi lokal yang berasal dari kasus perjalanan dari Surabaya tersebut.

 

2. 1 kasus lainnya masih menunggu hasil tracing Dinkes Bantul

Pulang dari Surabaya, 5 Anggota Keluarga Tertular Virus CoronaIlustrasi tes virus corona, IDN Times/ istimewa

Kasus lainnnya adalah dua orang yang disebut Kasus 314 , laki laki berusia 57 tahun berasal dari Kabupaten Bantul yang saat ini masih dalam penelusuran Dinkes Pemkab Bantu dan kasus 315, laki-laki, berusia 54 tahun berasal dari Kabupaten Gunungkidul yang memiliki riwayat datang dari Surabaya.

3. Jumlah pasien sembuh sebanyak dua orang

Pulang dari Surabaya, 5 Anggota Keluarga Tertular Virus Coronaunsplash/CDC

Sementara jumlah pasien sembuh bertambah sebanyak dua, sehingga total kasus sembuh hingga hari ini adalah 263 pasien. Yang pertama adalah Kasus 290, laki-laki berusia 43 tahun berasal dari Kabupaten Bantul dan kasus 282, laki-laki berusia 53 tahun berasal dari Kota Yogyakarta.

Baca Juga: Selama 10 Hari Kasus Positif COVID di DIY Didominasi Pelaku Perjalanan

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya