Penambahan Positif COVID-19 di Jogja Didominasi Hasil Skrining Nakes 

Jumlah pasien positif di DIY menjadi 992 kasus

Kota Yogyakarta, IDN Times - Pasien kasus positif COVID-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) hari ini bertambah sebanyak 46 kasus. 

Juru Bicara Penanganan COVID-19 Pemda DIY, Berty Murtiningsih menyatakan dari penambahan kasus hari ini, 19 di antaranya didominasi hasil skrining petugas kesehatan yang berasal dari Kabupaten Gunungkidul. 

 

1. Jumlah pasien positif di DIY menjadi 992 kasus

Penambahan Positif COVID-19 di Jogja Didominasi Hasil Skrining Nakes Seorang pasien dengan penyakit virus korona (COVID-19) berbaring di tempat tidur di University Hospital Medical Center Bezanijska kosa di Belgrade, Serbia, Sabtu (25/7/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Marko Djurica)

Dengan adanya penambahan kasus hari ini, jumlah keseluruhan pasien positif di DIY menjadi 992 kasus.

Selain hasil skrining tenaga kesehatan, Berty memaparkan empat sebab lainnya yang mengakibatkan pertambahan jumlah kasus positif yaitu riwayat perjalanan luar daerah sebanyak 3 kasus, kontak tracing kasus DIY sebanyak 14  kasus, kontak tracing kasus luar DIY 1 kasus dan masih dalam penelusuran sebanyak 9 kasus.

Sedangkan berdasarkan domisili terbanyak berasal dari Kabupaten Gunungkidul yaitu 24 kasus, Sleman sebanyak 12 kasus, Kota Yogyakarta 5 kasus, Bantul 4  kasus dan Kabupaten Kulon Progo 1  kasus. 

Baca Juga: Saat Pandemik Penjualan Baju Turun, Apa yang Dicari Konsumen?  

2. Penambahan pasien sembuh

Penambahan Positif COVID-19 di Jogja Didominasi Hasil Skrining Nakes Ilustrasi Tenaga Medis (ANTARA FOTO/REUTERS/Loren Elliott)

Sementara jumlah pasien Sabtu (15/8/2020) bertambah sebanyak 46 sehingga total menjadi 992 kasus.

"Hasil pemeriksaan laboratorium dan terkonfirmasi positif pada hari ini tanggal 15 Agustus 2020 terdapat tambahan 46 kasus positif," ujar Berty. 

Berdasarkan wilayah domisili pasien sembuh lima pasien berasal dari Kota Yogyakarta, empat pasien Kabupaten Bantul, 24 pasien asal Gunungkidul, 12 dari Kabupaten Sleman, serta satu dari Kabupaten Kulon Progo.

 

3. Data dari rumah sakit rujukan

Penambahan Positif COVID-19 di Jogja Didominasi Hasil Skrining Nakes pexels.com/Andrea Piacquadio

Berdasarkan data dari rumah sakit rujukan total suspek COVID-19 hingga hari  ini tercatat 11.122 orang.

Dari jumlah suspek tersebut sebanyak 992 orang terkonfirmasi positif di mana 662 orang di antaranya sembuh dan 28 orang meninggal.

Baca Juga: Libur Panjang, Jogoboro Waspadai Penumpukan Pengunjung di Maliboro

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya