Comscore Tracker

Penambahan Pasien Positif COVID-19 di DIY Catat Rekor Baru

Warga DIY diminta disiplin terapkan 3 M

Kota Yogyakarta, IDN Times - Penambahan pasien positif COVID-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mencatat jumlah tertinggi sejak kasus pertama ditemukan pada bulan Maret lalu.

Berdasarkan data yang dirilis Gugus Tugas Penanganan COVID-19 DIY, pada Sabtu (19/9/2020) ada penambahan 74 kasus positif COVID-19. 

Kabupaten Sleman menjadi penyumbang pasien terbanyak dengan 32 orang, disusul Kota Jogja 23 orang,, Kulon Progo sembilan orang, Bantul delapan orang, Gunungkidul satu orang, dan satu orang masih dalam penelusuruan.

 

 

1. Gugus Tugas minta warga DIY patuhi protokol kesehatan

Penambahan Pasien Positif COVID-19 di DIY Catat Rekor BaruPersonel Gabungan Satpol PP Kabupaten Sleman dan Linmas Sleman, Yogyakarta, Ahad (16/8/2020) melakukan operasi dan pembinaan disiplin menggunakan masker di pintu masuk/TPR objek wisata "Lava Tour Merapi" di Kecamatan Cangkringan. (FOTO ANTARA/HO-Humas Pemkab Sleman)

Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan COVID-19, Berty Murtiningsih, mengatakan dengan penambahan kasus positif yang cukup banyak tersebut, pihaknya meminta warga DIY harus lebih disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Mari disiplin menerapkan tiga M, yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak," kata Berty dalam keterangan resminya, Sabtu (19/9/2020). 

 

Baca Juga: KPU DIY Larang Bapaslon Bawa Pendukung saat Pengundian Nomer Urut

2. Penambahan kasus paling banyak dari tracing kasus positif

Penambahan Pasien Positif COVID-19 di DIY Catat Rekor BaruIlustrasi COVID-19 (IDN Times/Sukma Shakti)

Menurut, Berty Murtiningsih, dengan penambahan 74 pasien positif COVID-19, total kasus positif di DIY mencapai 2.111 kasus. 

Berty menambahkan latar belakang kasus meliputi tracing kasus positif 45 kasus, disusul skrining karyawan kesehatan 16 kasus,, dalam penelusuran 11 kasus, dan skrining pekerjaan 2 kasus. "Laporan ini berdasarkan pemeriksaan pada 999 sampel dari 950 orang," kata Berty.

3. 20 Pasien COVID-19 di DIY dinyatakan sembuh

Penambahan Pasien Positif COVID-19 di DIY Catat Rekor BaruPetugas kesehatan memakai alat pelindung diri (APD) saat melakukan uji usap pada pekerja konstruksi untuk uji antigen cepat di lokasi konstruksi, ditengah wabah penyakit virus corona (COVID-19), di Ahmedabad, India, Rabu (9/9/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Amit Dave)

Selain ada 74 tambahan kasus, kata Berty, juga ada 20 pasien yang dinyatakan sembuh. Berty menyatakan dengan adanya 20 pasien sembuh, total sudah ada 1.491 kasus sembuh.

“Pasien yang dinyatakan sembuh tersebar di Kota Jogja 12 pasien, disusul Kulon Progo empat pasien, Gunungkidul dua pasien, dan Bantul dan Sleman masing-masing satu pasien,” ujarnya.

4. Total ada 54 pasien COVID-19 di DIY yang meninggal dunia

Penambahan Pasien Positif COVID-19 di DIY Catat Rekor BaruIlustrasi meninggal (IDN Times/Mia Amalia)

Berty menjelaskan ada satu pasien yang dilaporkan meninggal yakni Kasus 1.692, perempuan, berusia 62 tahun, warga Bantul. Pasien tersebut memiliki penyakit penyerta atau komorbid diabetes melitus, jantung dan ginjal.

“Dengan penambahan satu pasien meninggal totak ada 54 pasien COVID-19 yang meninggal dunia,” katanya.

Mengenai ketersediaan tempat tidur di rumah sakit, kata Berty, saat ini untuk kritikal sudah terpakai 28 tempat tidur, sisa 20 tempat tidur. Untuk non kritikal terpakai 268 tempat tidur, sehingga sisanya 135 tempat tidur.

 

Baca Juga: Waduh, 5.924 Orang di Jogja Terjaring Razia Masker 

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya