Pemkot Yogyakarta Berharap Tak Ada Lagi Kasus Catcalling di Malioboro 

DPRD Kota Yogyakarta ajak mediasi

Kota Yogyakarta, IDN Times - Pemerintah Kota Yogyakarta berharap kasus pelecehan berupa catcalling yang dilakukan petugas jaga Malioboro (Jogoboro) tak lagi terulang.  Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi menegaskan hal tersebut akan menimbulkan pengunjung dan wisatawan merasa tidak nyaman. 

"Kasus tersebut menjadi pembelajaran bersama dan tentunya akan ditindaklanjuti dengan peningkatan kapasitas petugas di lapangan," kata Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi di Yogyakarta, Senin (8/2/2020). 

 

1. Heroe pastikan akan melakukan pembinaan kepada pelaku

Pemkot Yogyakarta Berharap Tak Ada Lagi Kasus Catcalling di Malioboro Twitter.com/UPTMalioboro

Dilansir dari Antara, Heroe memastikan akan memberikan pembinaan kepada pelaku agar tak lagi mengulang perbuatannya. Petugas juga dituntut menjalankan pelayanan dan pengamanan sehari-hari dengan mengedepankan sikap sopan, tegas, dengan tetap menghargai wisatawan.

"Jika sudah diberi sanksi, berarti memang ada kesalahan yang dilakukan petugas di lapangan. Tentunya ke depan, petugas dalam menjalankan tugasnya harus bersikap tegas tetapi sopan," kata Heroe.

Baca Juga: Viral, Perempuan Jadi Korban Catcalling Petugas di Malioboro

2. DPRD Kota Yogyakarta ajak mediasi

Pemkot Yogyakarta Berharap Tak Ada Lagi Kasus Catcalling di Malioboro Ilustrasi kawasan Malioboro. IDN Times/Paulus Risang

Sementara itu, Ketua Komisi B DPRD Kota Yogyakarta Susanto Dwi Antoro mengatakan kasus yang melibatkan Jogoboro tersebut menjadi pemantik bahwa seluruh elemen memiliki tanggung jawab yang sama dalam memberikan solusi atas permasalahan pariwisata di Kota Yogyakarta.

"Masalah yang terjadi di Malioboro harus dicari solusinya bersama-sama, termasuk kasus yang viral, yaitu pengakuan adanya perilaku tidak menyenangkan yang dialami wisatawan, kemudian diunggah ke media sosial. Saya kira, perlu ada mediasi untuk kasus ini," katanya.

3. Kasus catcalling di Malioboro menjadi viral

Pemkot Yogyakarta Berharap Tak Ada Lagi Kasus Catcalling di Malioboro twitter.com/RallaLembayung

Kasus yang melibatkan petugas Jogoboro dengan pengunjung di Malioboro sempat viral di media sosial usai pengunjung tersebut mengunggah cerita yang dialaminya saat berada di Malioboro.

Pengunjung tersebut menilai sikap yang ditunjukkan Jogoboro tidak sopan dan membuatnya merasa tidak nyaman. Usai cerita tersebut viral, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Malioboro memastikan sudah memberikan sanksi kepada para petugas Jogoboro yang dimaksud.

Baca Juga: Pelecehan di Malioboro, Forpi: Evaluasi Proses Pemilihan Petugas     

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya