Comscore Tracker

Nglanggeran Gunungkidul Menjadi Desa Terbaik Dunia, Membanggakan! 

Keharmonisan warga jadi salah satu kunci pengembangan desa

Gunungkidul, IDN Times - United Nation World Tourism Organization (UNWTO) Madrid, Spanyol menetapkan desa wisata Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkdul, menjadi salah satu Desa Wisata Terbaik Dunia 2021. 

Nglanggeran saat ini bersanding dengan sejumlah desa yang dinobatkan sebagai desa terbaik dunia 2021, antara lain Bekhovo di Rusia, San Genosio di Italia, Miyama dan Niseko di Jepang. 

Sebanyak 44 desa dari 32 negara di lima wilayah dunia diberikan pengakuan pada tahun 2021. Semuanya menonjol karena sumber daya alam dan budayanya serta tindakan dan komitmen inovatif dan transformatifnya terhadap pengembangan pariwisata sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs).

1. Keharmonisan warga menjadi salah satu kunci pengembangan desa

Nglanggeran Gunungkidul Menjadi Desa Terbaik Dunia, Membanggakan! nglanggeran-patuk.desa.id

Penggagas dan Pendiri Ekowisata Desa Nglanggeran Sugeng Handoko mengatakan Nglanggeran adalah sebuah desa kecil di Gunungkidul yang tandus, yang dikembangkan oleh warganya menjadi sebuah desa wisata. 

Aktivitas warga untuk mengembangkan desa yang baik, menurut Handoko menjadi kunci pencapaian Nglanggeran menjadi berkembang. 

"Aktivitas pengembangan Nglanggeran dinilai baik dalam hal pengembangan kepariwisataan dan terbukti dapat menjaga desa, lingkungan alam, budaya dan keharmonisan masyarakatnya termasuk gastronomi lokal menjadi berkembang," kata Sugeng Handoko, dikutip Antara, Sabtu (5/12/2021). 

Baca Juga: 5 Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Desa Nglanggeran, Wajib Coba

Baca Juga: Unik, 5 Fakta Kampung Pitu di Nglanggeran Gunungkidul

2. Beberapa desa di Gunungkidul punya potensi yang sama

Nglanggeran Gunungkidul Menjadi Desa Terbaik Dunia, Membanggakan! Desa Wisata Nglanggeran (instagram.com/sastrobuwono)

Pemkab Gunungkidul menilai beberapa desa mempunyai potensi yang sama dengan Ngalnngeran. Antara lain Mulo, dan Desa Wisata Tepus.

"Nglanggeran itu pelibatan masyarakatnya kuat, mudah-mudahan bisa dicontoh desa wisata yang lain," kata Sekretaris Dinas Pariwisata Gunung Kidul Harry Sukmono.

3. Penghargaan yang diterima Nglanggeran

Nglanggeran Gunungkidul Menjadi Desa Terbaik Dunia, Membanggakan! Embung Nglanggeran (instagram.com/atika_muth)

Sebelumnya Nglanggeran telah meraih beberapa kali predikiat sebagai desa wisata terbaik, antara lain juara dua, desa penerima PNPM sebagai desa berprestasi di tahun 2013, Juara dua porkdarwis berprestasi di tingkat nasional dari Kementerian Pariwisata tahun 2013. Salah satu desa wisata terbaik tingkat ASEAN, dengan konsep Community Best Tourism di tahun 2017, serta ditetapkan desa wisata berkelanjutan dari Kemenparekraf di tahun 2013.  

 

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya