Minimalkan Sengketa Antarpeserta, Bawaslu DIY Libatkan Generasi Muda

Bawaslu latih generasi muda dari parpol

Yogyakarta, IDN Times - Generasi muda di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dilibatkan dalam upaya mitigasi untuk meminimalkan peluang sengketa antarpeserta Pemilu 2024.
Hal tersebut disampaikan Ketua Bawaslu DIY Mohammad Najib saat membuka sosialisasi bertajuk "Peran Generasi Muda dalam Terjadinya Mitigasi Sengketa Antarpeserta Pemilu 2024" di Yogyakarta, Sabtu (11/11)

"Kami mengajak generasi muda mengambil peran untuk mengondisikan pemilu di DIY. Tidak hanya agar semakin sedikit sengketa yang harus kita tangani, namun kami harapkan pelanggaran juga semakin minimal," ujar Mohammad Najib.

1. Bawaslu utamakan pencegahan konflik

Minimalkan Sengketa Antarpeserta, Bawaslu DIY Libatkan Generasi MudaTwitter.com/@bawasludiy

Mohammad Najib menambahkan meski Bawaslu memiliki kewenangan menangani sengketa proses pemilu, alangkah lebih baik manakala pencegahan dapat dilakukan dengan didukung seluruh komponen masyarakat, termasuk kaum muda.

"Kalau kita bisa mencegah itu bisa lebih baik agar proses pemilu memuaskan semua pihak," kata Najib dikutip Antara. 

Menurut Mohammad Najib, pemilu yang ideal adalah pemilu yang seluruhnya berjalan sesuai dengan aturan baik tidak ada pelanggaran, atau sengketa tapi itu situasi yang pasti terjadi.

2. Bawaslu latih generasi muda dari parpol

Minimalkan Sengketa Antarpeserta, Bawaslu DIY Libatkan Generasi MudaIlustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Anggota Bawaslu DIY Sutrisnowati menambahkan generasi muda dari masing-masing partai politik, dan sebagian lain dari sejumlah organisasi masyarakat di DIY dilatih agar mampu memitigasi apabila terjadi gesekan atau konflik menjelang Pemilu 2024.

Sutrisnowati menjelaskan mekanisme penyelesaian sengketa peserta Pemilu 2024 telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.
Dengan penanganan konflik atau sengketa antarpeserta secara kekeluargaan atau musyawarah maka dampak konflik yang lebih luas dapat dicegah.

"Mengedepankan cara-cara bagaimana bisa diselesaikan saat itu juga di tempat kejadian," kata dia.

Baca Juga: [Wansus] Jelang Purna Tugas, Ketua KPU DIY Beberkan Gejolak Pemilu 

3. Generasi muda diharapkan mampu memitigasi konflik

Minimalkan Sengketa Antarpeserta, Bawaslu DIY Libatkan Generasi MudaIlustrasi anak muda (IDN Times/Aryodamar)

Menurut Sutrisnowati seluruh pihak termasuk generasi muda diharapkan mampu memitigasi agar sengketa atau gesekan antarpeserta pemilu tidak sampai terjadi.

"Kalau kita melihat banyak gesekan di masyarakat itu kan terutama para generasi muda karena energi mereka luar biasa. Kami berharap apabila nantinya terjadi konflik, mereka diharapkan dapat melakukan mekanisme musyawarah secara cepat," ujarnya.

Baca Juga: Tinggal Beberapa Bulan, Sultan Berharap Pemilu Berjalan Aman

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya