Mahasisiwa UGM Ciptakan Paper GenB, Detergen dari Belimbing Wuluh

Detergen Paper GenB dijual dengan harga Rp35 ribu

Sleman, IDN Times - Sekelompok mahasiswa UGM mengembangkan detergen ramah lingkungan berbahan dasar buah belimbing wuluh bernama Paper GenB. Mereka ingin meminimalkan pemakaian zat kimia yang terkandung dalam detergen. 

Inovasi detergen ramah lingkungan lahir dari gaggasan Rizqa Irma Widayati, Pangestu Arum Pratiwi, Nadia Ramadhani, yang berasal dari Fakultas Kimia, (Kimia), Aufa Nasywa Rahman dan Afix Vega Praditya, mahasiswa Teknologi Informasi.

 

1. Prihatin dengan kandungan zat kimia yang bisa mematikan organisme di air

Mahasisiwa UGM Ciptakan Paper GenB, Detergen dari Belimbing WuluhSekelompok mahasiswa UGM mengembangkan detergen ramah lingkungan berbahan dasar buah belimbing wuluh bernama Paper GenB (Humas UGM)

Sebanyak lima mahasiswa yang tergabung dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Kewirausahaan UGM, mengkritisi penggunaan detergen yang digunakan untuk membersihkan pakaian, sepatu dan barang lainnya, bisa mencemari lingkungan. 

Rizqa Irma mengatakan, kandungan zat kimia dalam detergen bisa menyebabkan kematian organisme di air, mencemari eksosistem hingga membahayakan kesehatan manusia. Bahkan penggunaan detergen ini juga menyisakan persoalan limbah dengan bungkus plastik.

“Kami prihatin dengan persoalan lingkungan yang ditimbulkan dari pemakaian detergen sintetis. Oleh sebab itu, kami membuat detergen yang eco-friendly dan biodegradable dengan  menerapkan prinsip zero waste,” papar Rizqa, dikutip laman UGM, Rabu (8/11/2023). 

2. Kandungan buah belimbing wuluh

Mahasisiwa UGM Ciptakan Paper GenB, Detergen dari Belimbing Wuluhbelimbing wuluh (pixabay.com/ignartonosbg)

Rizqa memaparkan Paper GenB dibuat menggunakan bahan ramah lingkungan yaitu belimbing wuluh. Di dalamnya terdapat senyawa yang bisa dimanfaatkan sebagai detergen alami.

“Blimbing wuluh memiliki kandungan senyawa saponin yang bisa dimanfaatkan sebagai busa alami pada detergen dan aman bagi lingkungan,”terangnya.

 

Baca Juga: Mahasiswa UGM Kaji Pengaruh Weton terhadap Capaian Akademik

3. Keunggulan Paper GenB

Mahasisiwa UGM Ciptakan Paper GenB, Detergen dari Belimbing WuluhSekelompok mahasiswa UGM mengembangkan detergen ramah lingkungan berbahan dasar buah belimbing wuluh bernama Paper GenB (Humas UGM)

Selain terbuat dari bahan ramah lingkungan, mahasiswa menemukan beberapa kelebihan Paper GenB, yaitu produk ini tidak menghasilkan busa yang banyak, sehingga tidak menyebabkan iritasi pada kulit dan mencemari ekosistem perairan.

Produk kemasan juga dirancang dalam bentuk lembaran (sheet), yang mudah terurai dan dapat didaur ulang, serta dapat dipakai untuk pencucian manual dan mesin. "Produk ini dengan dilengkapi kode QR, terintegrasi website sebagai sarana edukasi, komunikasi, dan pembelian," terang Risqa

Hasil inovasi mahasiswa UGM ini, sudah dipasarkan di sejumlah marketplace dan website resmi papaergenb.com. Harga 1 pack Paper GenB berisi 30 sheet dijual dengan harga Rp35 ribu. 

Baca Juga: J-Force Jaket Pelindung Kecelakaan Pemotor Buatan Mahasiswa UGM

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya