Luhut Minta Pasien COVID-19 di Yogyakarta Mau Dirawat di Selter 

Kasus baru di DIY hari ini naik 2.667

Jakarta, IDN Times - Luhut Binsar Pandjaitan meminta Pemerintah  Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) membujuk pasien COVID-19 untuk melakukan isolasi di selter. Hal ini agar kesehatan pasien dapat dipantau.  

"Saya minta kepada TNI dan Polri agar dapat membujuk pasien-pasien khususnya lansia dan penderita yang memiliki penyakit komorbid (penyerta) agar dirawat di isolasi terpusat sehingga dapat dipantau dan mendapatkan pasokan oksigen yang cukup,” kata Luhut seperti dikutip dari keterangan tertulis Kemenko Marves, Senin (26/7/2021).

 

1. Perawatan di selter untuk menekan angka kematian

Luhut Minta Pasien COVID-19 di Yogyakarta Mau Dirawat di Selter Ilustrasi Ruang Isolasi Mandiri COVID-19. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Luhut mengusulkan beberapa langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam menekan angka kematian, adalah daerah harus memastikan warga yang tidak layak untuk melakukan isolasi mandiri agar dibawa ke lokasi isolasi terpusat.

Hal ini juga untuk menekan laju penularan dan angka kematian karena tidak mendapatkan perhatian khusus dan fasilitas yang memadai, khususnya pada warga yang memiliki komorbid.

"Oksigen liquid difokuskan untuk perawatan intensif, sementara oksigen konsentrator diberikan untuk perawatan isolasi di rumah sakit," ujar Luhut.

Baca Juga: Satpol PP DIY akan Kirim Pelanggar Prokes ke Selter Pasien COVID-19   

2. Penyekatan turunkan mobilitas

Luhut Minta Pasien COVID-19 di Yogyakarta Mau Dirawat di Selter Ilustrasi anggota polisi yang melakukan penyekatan penutupan obyek wisata di PPU (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Dia juga mengusulkan agar ada penambahan fasilitas rumah sakit terutama untuk ruang ICU dan isolasi. “Kemenkes diharapkan dapat membantu untuk ketersediaan nakesnya,” katanya lagi.

Tren kasus positif dan angka kematian di Provinsi DI Yogyakarta saat ini masih tinggi. Namun indeks mobilitas sudah mulai menurun seiring dengan penurunan mobilitas dan aktivitas masyarakat yang terjadi dalam dua minggu terakhir.

3. Kasus baru di DIY hari ini naik 2.667

Luhut Minta Pasien COVID-19 di Yogyakarta Mau Dirawat di Selter Tugu Pal Putih Yogyakarta (IDN Times/Febriana Sinta)

Hari ini penambahan kasus terkonfirmasi COVID-19 di DIY sebanyak 2.667 kasus, sehingga total kasus terkonfirmasi menjadi 107.445 kasus. Sedangkan angka kesembuhan sebanyak 1.018 kasus. Total angka sembuh menjadi 71.189 kasus. 

Untuk hari ini, Senin (27/7/2021), jumlah penambahan kasus meninggal sebanyak 77 kasus, sehingga total kasus meninggal menjadi 3.003 kasus.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya