Libur HUT Kemerdekaan RI Dongkrak Kunjungan Wisatawan di Bantul

Pelepasan penyu jadi daya tarik wisatawan

Bantul, IDN Times - Jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Bantul pada momen libur 17 Agustus meningkat dibandingkan kunjungan dalam sepekan sebelumnya.

Kasi Promosi dan Informasi Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Markus Purnomo Aji, menjelaskan kunjungan wisatawan dari semua destinasi Bantul selama sepekan dari tanggal 14 sampai 20 Agustus sebanyak 34.448 wisatawan dengan perolehan pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp332,5 juta.

Angka itu mengalami kenaikan sebesar 9,9 persen dibanding dengan tingkat kunjungan wisata ke Bantul periode mingguan, atau dari tanggal 7 sampai 13 Agustus yang sebanyak 31.325 wisatawan dengan perolehan PAD sebesar Rp207,7 juta.

"Libur Agustus kemarin berpengaruh atas kenaikan kunjungan wisatawan periode mingguan," kata Markus Purnomo Aji, Selasa (22/8/2023).

1. Event di pantai dongkrak wisatawan

Libur HUT Kemerdekaan RI Dongkrak Kunjungan Wisatawan di BantulKepala Seksi Promosi dan Pelayanan Informasi Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Adi. (dok. istimewa)

Markus Purnomo Aji menjelaskan salah satu event dalam sepekan Agustus yang meningkatkan kunjungan wisata ke pantai selatan Bantul yaitu pelepasan penyu di Pantai Gua Cemara bertajuk rilis Penyu Merdeka pada 17 Agustus. Selain itu, juga ada keroncong pesisiran Mataraman di Pantai Samas pada 19 Agustus 2023.

“Objek wisata di kawasan Pantai Parangtritis masih menjadi tujuan utama atau wisata andalan bagi wisatawan yang berkunjung ke Bantul, dibanding kawasan pantai selatan yang ada di sebelah barat,” katanya dikutip Antara. 

2. Kunjungan wisata selama libur akhir pekan terakhir menurun

Libur HUT Kemerdekaan RI Dongkrak Kunjungan Wisatawan di BantulWisatawan yang sedang menikmati sunset di pantai. (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Menurut Markus Purnomo Aji, kunjungan wisata ke Bantul selama libur akhir pekan terakhir justru mengalami penurunan dibanding akhir pekan sebelumnya.
Berdasarkan data, kata Markus Purnomo Aji, kunjungan wisata dari 18 sampai 20 Agustus sebanyak 21.069 orang dengan pendapatan pariwisata sebesar Rp203 juta, sementara kunjungan wisata dari 11 sampai 13 Agustus sejumlah 21.698 orang dengan PAD sebesar Rp207,7 juta.

"Turun sebanyak 2,8 persen dibanding libur akhir pekan yang lalu. Iya turun sedikit meski fluktuatif biasa," katanya.

Baca Juga: Petugas Kebersihan Pantai di Bantul Dikerahkan untuk Memilah Sampah

3. Dinas Pariwisata akan bersinergi gaet wisatawan

Libur HUT Kemerdekaan RI Dongkrak Kunjungan Wisatawan di BantulObjek wisata Pantai Parangkusumo. IDN Times/Daruwaskita

Sementara itu, dalam rangka meningkatkan kunjungan wisata ke Bantul, Dinas Pariwisata bersinergi dengan pihak terkait menggelar kegiatan di kawasan wisata, seperti yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat yaitu pemecahan rekor MURI tari montro di Pantai Parangkusumo Parangtritis pada 26 Agustus 2023.

Baca Juga: Aksi Bakar Sampah di Jogja Dikhawatirkan Pengaruhi Kualitas Udara  

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya