KRL Jogja-Solo Mogok, Penumpang Tertahan 1 Jam di Gerbong

Belum diketahui penyebab KRL rusak

Yogyakarta, IDN Times - KRL Jogja-Solo mengalami gangguan pada Rabu (26/7/2023). Kereta yang melayani jurusan Jogja-Solo tersebut mengalami permasalahan kelistrikan setelah berangkat dari Stasiun Lempuyangan, Jogja.

1. KRL terhenti satu kilometer dari Stasiun Lempuyangan

KRL Jogja-Solo Mogok, Penumpang Tertahan 1 Jam di GerbongKRL Jogja-Solo Mogok, Penumpang Tertahan 1 Jam di Gerbong (IDNTimes/Danti)

Danti warga Klaten, salah satu penumpang KRL, menjadi saksi mata macetnya KRL Jogja-Solo. Ia mengaku baik kereta itu yang terjadwal pada pukul 2013. Hanya, setelah satu kilometer dari Stasiun Lempuyangan, KRL tiba-tiba berhenti.

“KRL Jogja menuru Palur itu mati sekitar 1 km dari Stasiun lempuyangan sekitar pukul 20:23. Mati listik total, lampu, AC. Pintu dibuka manual sekitar pukul 21:00, ujarnya kepada IDN Times, Rabu (26/7/2023). 

 

2. Penumpang tidak diberitahu penyebab KRL terhenti

KRL Jogja-Solo Mogok, Penumpang Tertahan 1 Jam di GerbongRute Kereta Rel Listrik (KRL) Jogja-Solo akan diperpanjang sampai Stasiun Palur. (dok. Kemenhub)

Menurut Danti tidak ada pemberitahuan penyebab KRL tiba-tiba terhenti.
“Kondisi lampu dan AC mati, tempat duduk penuh, tapi ada sedikit orang berdiri. Mati sejak 20:23 hingga kembali ke Lempuyangan sekitar 21:24,” kata Danti.

Bahkan kata Danti, petugas baru membuka pintu secara manual sekitar 40 menit setelah kejadian. “Pintu dibuka setelah kereta berhenti 40 menit dan udara mulai pengap,” ujarnya.’

 

Baca Juga: Sejarah Stasiun Lempuyangan, Stasiun Kereta Tertua di Jogja

3. Penumpang akhirnya diminta menunggu di Stasiun Lempuyangan

KRL Jogja-Solo Mogok, Penumpang Tertahan 1 Jam di GerbongIlustrasi Stasiun Yogyakarta. (IDN Times/Holy Kartika)

Danti menambahkan ia bersama dengan penumpang lainnya harus menunggu sekitar 1 jam sebelum akhirnya ditarik loko kembali ke Lempunyangan. Setelah sampai Stasiun Lempuyangan, penumpang diminta turun.

“Penumpang diminta turun dan menunggu rangkaian pengganti dari Klaten. Pada 22:00 kereta pengganti datang. 22:07 berangkat ke arah Palur,” katanya.

Baca Juga: 10 Tempat Makan Dekat Stasiun Lempuyangan, Lotek hingga Bubur Manado

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya