Kejar Target PPKM Level 2, Yogyakarta Percepat Vaksinasi Lansia  

Lansia merasa takut keluar rumah hingga tidak memilki ponsel

Yogyakarta, IDN Times - Vaksinasi COVID-19 bagi lanjut usia atau lansia menjadi target Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Hal ini untuk menurunkan PPKM level 3 menjadi level 2. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, hingga Rabu (22/9/2021) capaian vaksinasi bagi lansia yang bermukim di DIY sebanyak 59,44 persen untuk dosis pertama, sedangkan vaksinasi dosis kedua mencapai 39,69 persen.

1. Target vaksinasi 100 persen pada Oktober 2021

Kejar Target PPKM Level 2, Yogyakarta Percepat Vaksinasi Lansia  Ketua Percepatan Vaksinasi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sumadi. IDN Times/Febriana Sinta

Dari keterangan Ketua Percepatan Vaksinasi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sumadi, salah satu faktor penurunan level adalah jumlah vaksinasi bagi lansia minimal mencapai 60 persen.  

 "Target 100 persen di bulan Oktober 20021. Cara yang akan kita lakukan adalah  mendekatkan ke masyarakat dengan cara jemput bola, karena ada warga yang tidak mempunyai ponsel," papar Sumadi melalui pertemuan online, Rabu (22/9/2021). 

Baca Juga: Gubernur DIY, Sri Sultan Berpesan Hati-hati Ajak Anak ke Mal  

2. Lansia merasa takut keluar rumah hingga tidak memilki ponsel

Kejar Target PPKM Level 2, Yogyakarta Percepat Vaksinasi Lansia  Ilustrasi lansia (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Kepala Dinas Kesehatan DIY, Pembajun Setyaningastutie menambahkan ada beberapa kendala untuk memberikan vaksinasi bagi warga lanjut usia. Selain tidak mempunyai alat komunikasi dan ponsel, lansia juga merasa takut disuntik hingga kendala jarak rumah yang jauh dari tempat pemberian vaksinasi.

"Memang ada kendala jarak rumah dan akses serta sinyal juga. Ada juga yang ragu keluar rumah. Tim vaksinasi dari Polda DIY juga berusaha untuk memberikan bantuan bagi lansia yang mau vaksinasi berupa sembako," ujar Pembayun.

3. Capaian vaksinasi DIY di urutan empat besar besar

Kejar Target PPKM Level 2, Yogyakarta Percepat Vaksinasi Lansia  Seniman Butet Kertaredjasa berfoto usai mendapatkan vaksin COVID-19 di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja, Kasihan, Bantul, D.I Yogyakarta, Rabu (10/3/2021). ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Saat ini Daerah Istimewa Yogyakarta menempati posisi empat besar untuk capaian jumlah vaksinasi terbanyak di Indonesia. Di bawah DKI Jakarta, Bali, dan Kepulauan Riau, sebanyak 77,42 persen warga di Yogyakarta telah menerima vaksinasi.

Sumadi memaparkan warga yang telah menerima dosis pertama sebanyak 2.229.360, sedangkan untuk vaksin kedua 1.126.493 atau 39,12 persen. 

"Untuk mempercepat vaksinasi, warga bisa mendaftar di website http://www.dinkes.jogjaprov.go.id/vaksin/," papar Sumadi. 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya