Kasus Baru COVID-19 Turun, RT di Yogyakarta Didominasi Zona Hijau   

Zona merah hanya terdapat di Kecamatan Mergangsan

Kota Yogyakarta, IDN Times - Pemerintah Kota Yogyakarta menyebut kasus baru terkonfirmasi COVID-19 mengalami penurunan tajam. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya zona hijau di tingkat Rukun Tetangga (RT) yaitu mencapai 93 persen. 

Menurut Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Purwadi hal ini sesuai dengan target pemkot yang menginginkan sebanyak 90 persen RT masuk dalam zona hijau.

“Persentase tersebut sudah hampir sama seperti kondisi Kota Yogyakarta pada Mei sampai Juni atau sebelum PPKM diberlakukan, yaitu mencapai 94 persen dari total rukun tetangga (RT),” kata Ketua Harian Satgas Penanganan COVID-19 Yogyakarta Heroe Poerwadi, Senin (6/9/2021). 

 

 

1. Akhir Agustus jumlah RT zona hijau 86 persen

Kasus Baru COVID-19 Turun, RT di Yogyakarta Didominasi Zona Hijau   IDN Times/Tunggul Kumoro

Pada akhir Agustus, dari 2.535 jumlah RT di Kota Yogyakarta, 86 persen masuk zona hijau atau tidak terdapat kasus konfirmasi positif COVID-19.

Sedangkan untuk zona kuning, terdapat kasus positif COVID-19 di maksimal dua rumah, saat ini tercatat 168 RT atau sekitar 6,63 persen. Jumlah tersebut juga turun dibanding akhir Agustus yang mencapai 13,1 persen atau 332 RT.

“Begitu pula dengan RT yang menyandang status zona oranye, terdapat kasus positif di tiga sampai lima rumah, juga mengalami penurunan dan menyisakan lima RT saja atau 0,2 persen. Pada akhir Agustus, masih ada 15 RT yang masuk zona oranye,” terang Heroe dilansir Antara.

Baca Juga: Pemkot Yogyakarta Ingatkan Wisatawan Tak Mampir ke Malioboro 

2. Zona merah terdapat di Kecamatan Mergangsan

Kasus Baru COVID-19 Turun, RT di Yogyakarta Didominasi Zona Hijau   Mural pandemik COVID-19. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Penurunan kondisi penularan COVID-19 di Kota Yogyakarta, lanjut Heroe, tidak hanya dari penambahan jumlah RT berstatus zona hijau saja, tetapi juga berdasarkan hasil kajian epidemiologi penularan.

Pada periode 29 Agustus-4 September 2021, sebagian besar kecamatan dan kelurahan di Kota Yogyakarta masih ditetapkan sebagai zona merah atau memiliki risiko penularan tinggi.

“Untuk pekan ini, rata-rata sudah berada di zona orange atau memiliki risiko penularan sedang. Hanya ada satu kecamatan yang masih ditetapkan sebagai zona merah, yaitu Mergangsan. Sisanya, 13 kecamatan lain sudah masuk zona oranye,” katanya.

 

 

3. Kasus baru COVID di Yogyakarta hari ini bertambah 12 orang

Kasus Baru COVID-19 Turun, RT di Yogyakarta Didominasi Zona Hijau   Pengendara motor melintas di depan mural tentang pandemik COVID-19. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Saat ini rata-rata temuan kasus harian mengalami penurunan menjadi sekitar 20 kasus per hari. Pada Senin (6/9/2021), jumlah kasus terkonfirmasi positif di Kota Yogyakarta tercatat 12 kasus dengan 144 pasien dinyatakan sembuh atau selesai isolasi, dan lima pasien meninggal dunia. Dengan demikian, total kasus aktif di Yogyakarta pada saat ini tercatat 538 kasus.

“Temuan kasus harian itu hampir sama seperti kondisi Mei-Juni. Harapannya bisa semakin turun,” pungkas Heroe. 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya