Jelang Puasa, Permintaan Telur hingga Gula Pasir Dipastikan Meningkat 

Ketersediaan pangan di Jogja hingga Lebaran aman 

Yogyakarta, IDN Times - Menjelang bulan puasa, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengantisipasi lonjakan permintaan beberapa kebutuhan pokok, yaitu gula pasir, tepung terigu serta telur ayam.  

1. Dipastikan penggunaan bahan pokok saat puasa akan tinggi

Jelang Puasa, Permintaan Telur hingga Gula Pasir Dipastikan Meningkat Ilustrasi kue kering (IDN Times/Indiana Malia)

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindag DIY Yanto Apriyanto, mengatakan permintaan bahan pangan ini dipastikan meningkat terutama untuk bahan pembuatan kue lebaran. 

"Kebutuhan komoditas itu akan meningkat menjelang puasa dan lebaran. Penggunaan bahan pokok sangat tinggi di masa-masa puasa dan lebaran ini," kata Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindag DIY Yanto Apriyanto, Selasa (29/3/2022). 

 

Baca Juga: Minyak Goreng Curah Langka, Harga Sentuh Rp20 Ribu per Liter  

2. Stok cukup meski harga akan fluktuasi

Jelang Puasa, Permintaan Telur hingga Gula Pasir Dipastikan Meningkat Foto hanya ilustrasi. (Unsplash.com/JK Sloan)

Meski permintaan dipastikan tinggi, Yanto memastikan ketersediaan komoditas telur, daging sapi, serta daging ayam, mencukupi meski harganya mengalami fluktuasi.

"Akan tetapi tidak mengalami kenaikan yang begitu luar biasa. Masih di harga acuan pemerintah," kata Yanto dilansir Antara. 

 

3. Ketersediaan pangan hingga Lebaran aman

Jelang Puasa, Permintaan Telur hingga Gula Pasir Dipastikan Meningkat Ilustrasi Pengiriman Telur Ayam. (IDN Times/Sunariyah)

Berdasarkan hasil pantauan ketersediaan bahan pangan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Daerah Istimewa Yogyakarta memastikan stok bahan kebutuhan pokok aman menjelang hingga Lebaran 2022.

"Untuk ketersediaan barang kebutuhan pokok dan barang penting di Yogyakarta ini cukup aman menjelang bulan puasa dan  lebaran," ujar Yanto. 

Menurutnya harga kebutuhan pokok secara keseluruhan relatif stabil terutama harga beras apalagi yang dalam waktu dekat akan terjadi panen raya.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya