Comscore Tracker

Hati-hati Ombak Laut di Pesisir Pantai Selatan Jogja Capai 4 Meter

BMKG keluarkan imbauan bagi wisatawan dan nelayan

Kota Yogyakarta, IDN Times - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta mengeluarkan imbauan agar wisatawan berhati- hati beraktivitas di pantai di kawasan pesisir selatan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mulai besok Selasa, 11 Agustus 2020. 

"Perlu diwaspadai wisatawan agar tidak mandi di laut atau bermain di bibir pantai," kata Kepala Stasiun Klimatologi BMKG Yogyakarta, Reni Kraningtyas , Minggu (10/8/2020) dilansir dari Antara. 

 

1. Gelombang tinggi mencapai empat meter

Hati-hati Ombak Laut di Pesisir Pantai Selatan Jogja Capai 4 MeterNelayan Pantai Baron Gunungkidul evakuasi kapal ke tempat yang lebih aman dari terjangan gelombang pasang. IDN Times/Istimewa

BMKG mengeluarkan aturan bagi wisatawan dan nelayan yang beraktivitas di pesisir selatan Yogyakarta agar mewaspadai gelombang laut yang tingginya diperkirakan bisa mencapai empat meter pada tanggal 11 hingga 13 Agustus 2020.

Reni mengatakan kondisi gelombang laut di pesisir selatan Yogyakarta pada musim kemarau ini cenderung fluktuatif.

Baca Juga: 2 Wisatawan Tewas dan 5 Hilang Tergulung Ombak di Pantai Cemara  

2. Gelombang tinggi di laut bersifat fluktuatif

Hati-hati Ombak Laut di Pesisir Pantai Selatan Jogja Capai 4 MeterIlustrasi Ombak (IDN Times/Mardya Shakti)

Kendati masih dalam kategori tinggi, namun selama di hari ini Senin, 10 Agustus 2020 tinggi gelombang laut justru mengalami penurunan dibandingkan hari sebelumnya. 

“Hari ini tinggi gelombang laut rata-rata hanya 2,5 meter hingga 3,5 meter. Namun bisa naik kembali pada tanggal 11 hingga 13 Agustus yang diperkirakan mencapai 4 meter," kata Reni.

3. Imbauan juga berlaku bagi nelayan

Hati-hati Ombak Laut di Pesisir Pantai Selatan Jogja Capai 4 MeterIlustrasi (IDN Times/Aji)

Imbauan tidak hanya berlaku bagi wisatawan saja. Reni ia juga mengimbau para nelayan agar tidak melaut untuk sementara waktu serta menambatkan kapal mereka di tempat yang aman.

"Kami juga mengimbau masyarakat memperhatikan arahan dan himbauan dari petugas SAR di sekitar pantai," kata dia.

Sebelumnya, tujuh pengunjung objek wisata Pantai Goa Cemara, Bantul pada Kamis (6/8) dilaporkan terseret ombak pantai. Enam di antaranya meninggal dunia dan satu belum ditemukan. 

Baca Juga: 9 Tempat Nongkrong Asyik di Jogja, Makan Puas Gak Sampai Rp50 Ribu

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya