Antisipasi Gangguan saat Nataru, KAI Cek Rel dan Siapkan Material  

Persitiwa kecelakaan di Sentolo, jadi cacatan penting KAI 

Yogyakarta, IDN Times - KAI Daop 6 Yogyakarta mempersiapkan antisipasi potensi gangguan perjalanan kereta api (KA) menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Manajer Humas Daop 6 Yogyakarta Krisbiyantoro mengatakan, persiapan ini untuk mencegah terulangnya peristiwa kecelakaan KA di jalur Kalimenur, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo. 

1. Tak ingin ada kecelakaan lagi seperti di Sentolo

Antisipasi Gangguan saat Nataru, KAI Cek Rel dan Siapkan Material  Petugas berusaha mengevakuasi KA Argo Semeru yang mengalami kecelakaan di kawasan Kalimenur, Sukoreno, Sentolo, Kulonprogo, D.I Yogyakarta, Rabu (18/10/2023). (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Krisbiyantoro mengatakan kecelakaan di Kulon Progo yang terjadi pertengahan Oktober lalu, menjadi catatan penting bagi KAI yang berimbas pada perjalanan hampir semua KA.

"Kami sudah mempersiapkan sarana dan prasarana untuk bisa menjadi kelancaran dan keselamatan perjalanan kereta api," kata Krisbiyantoro, dikutip Antara, Sabtu (9/12/2023).

 

2. Pengecekan di tiap jalur perlintasan

Antisipasi Gangguan saat Nataru, KAI Cek Rel dan Siapkan Material  Teteg atau pintu perlintasan kereta api di Malioboro. IDN Times / Febriana Sinta

Ia menyebut kondisi jalur KA relatif aman, meskipun pengecekan berkala harus dilakukan di setiap jalur perlintasan KA. "Kalau wilayah selatan bagus kondisinya, termasuk di Kalimenur saat ini juga sudah maksimal bisa di kecepatan 80 km per jam," ungkapnya.

Baca Juga: Jalur Sentolo-Wates Berangsur Normal, Kecepatan Kereta Dibatasi  

3. Siapkan sejumlah perlengkapan di stasiun besar

Antisipasi Gangguan saat Nataru, KAI Cek Rel dan Siapkan Material  Sejumlah petugas KAI berjalan melewati bantalan rel titik Stasiun Poncol Semarang-Petek. (IDN Times/Fariz Fardianto)

KAI menyiapkan sejumlah perlengkapan apabila terjadi situasi darurat. Material untuk siaga ditempatkan di stasiun-stasiun besar di wilayah Daop 6 Yogyakarta.

"Itu kami tempatkan di titik-titik stasiun stasiun besar yang berisi semacam bantalan beton, bantalan kayu juga, peranca termasuk kantong kantong plastik yang digunakan untuk isi pasir. Seperti itu untuk darurat kami sudah persiapkan," katanya.

Baca Juga: Ini Persiapan KAI Daop 6 Sambut Momen Nataru

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya