Jalur Sentolo-Wates Berangsur Normal, Kecepatan Kereta Dibatasi  

Barang penumpang Argo Semeru disimpan di Stasiun Wates  

Yogyakarta, IDN Times - PT KAI Daop 6 Yogyakarta memastikan perjalanan kereta api antara Stasiun Sentolo - Wates berangsur normal. Namun pembatasan kecepatan masih dilakukan yaitu maksimal 40 km/jam.

"Beberapa KA masih mengalami kelambatan pasca evakuasi dan perbaikan jalur di petak antara Sentolo – Wates. KAI Daop 6 terus berupaya agar jalur dapat pulih seutuhnya serta dapat melayani masyarakat kembali dengan kecepatan normal," ujar Manager Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro, Kamis (19/10/2023).

1. Sejumlah kereta api mengalami keterlambatan

Jalur Sentolo-Wates Berangsur Normal, Kecepatan Kereta Dibatasi  Ilustrasi kereta api. (Dok. PT KAI Daop 6)

Daop 6 tetap memberikan kompensasi keterlambatan dan pengembalian tiket pada pelanggan terdampak sampai dengan 7 hari ke depan terhitung mulai  tanggal 17 Oktober 2023.

"Untuk pemberian kompensasi kepada penumpang terdampak kecelakaan ini, KAI mematuhi Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor PM 63 Tahun 2019 tentang Standar Pelayanan Minimum Angkutan Orang dengan Kereta Api," ujar Krisbiyantoro. 

2. Penumpang bisa membatalkan dan tetap gunakan tiket

Jalur Sentolo-Wates Berangsur Normal, Kecepatan Kereta Dibatasi  Ilustrasi penumpang kereta api. (Dok. PT KAI Daop 6)

Dalam hal keterlambatan keberangkatan kereta api antarkota lebih dari 1 jam, penumpang dapat membatalkan tiket dan mendapatkan pengembalian seluruh biaya tiket. Ada juga kompensasi untuk yang tidak membatalkan tiket.

"Jika tidak membatalkan tiket, maka diberikan minuman ringan untuk keterlambatan lebih dari 1 jam. Diberikan minuman dan makanan ringan berat untuk keterlambatan lebih dari 3 jam," kata Krisbiyantoro.

Baca Juga: KA Argo Semeru Anjlok, Penumpang Batalkan 3.851 Tiket

3. Informasi barang penumpang yang tertinggal

Jalur Sentolo-Wates Berangsur Normal, Kecepatan Kereta Dibatasi  Ilustrasi suasana stasiun kereta api. (Dok. PT KAI Daop 6)

Bagi pelanggan KA Argo Semeru dan Argo Wilis yang barangnya tertinggal atau hilang saat kejadian anjlogan, dapat mengambil secara langsung di Stasiun Wates dan Gambir.

Terdapat 26 nama pemilik barang dengan rincian, 11 orang telah konfirmasi dan barangnya dikirim ke Stasiun Gambir. 1 orang, barang dikirim ke Stasiun Yogyakarta, 1 orang barang dikirim ke Purwokerto dengan KA Bogowonto.

"7 orang belm terkonfirmasi, barang masih di Stasiun Wates dan sisanya sudah diambil pemiliknya. Pengambilan barang dapat dilakukan dengan menunjukkan identitas dan tiket KA baik fisik maupun digital kepada petugas di stasiun," jelas Krisbiyantoro.

Baca Juga: 9 Gunung di Indonesia Dipilih Jadi Nama Kereta Api, Menarik!

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya