9.833 Maba UGM Ikut PPSMB Tatap Muka, Pertama sejak Pandemik Covid-19 

Rektor berharap maba jadi mahasiswa kritis dan berkarakter 

Sleman, IDN Times - Tahun ini Universitas Gadjah Mada (UGM) mengadakan Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru (PPSMB) UGM 202 yang dilakukan secara tatap muka atau luring, Senin (1/8/2022). Kegiatan ini dilakukan pertama kali sejak dimulainya pandemik Covid-19. 

Rektor UGM, Ova Emillia mengatakan orientasi dan pengenalan kampus ini diikuti oleh mahasiswa baru UGM berjumlah 9.833 mahasiswa, dipusatkan di Lapangan Grha Sabha Pramana UGM.

“Seluruh mahasiswa baru Gadjah Mada Muda, yang telah hadir di lapangan Pancasila ini dengan wajah berseri dan bersemangat tinggi. Dalam penuh rasa bangga, kami menyambut kehadiran kalian semua, sosok generasi unggul, yang terbaik, dan terpilih, untuk bergabung menjadi bagian dari keluarga besar Universitas Gadjah Mada,” ucap  Ova Emilia, Senin (1/8/2022). 

1. Rektor berharap maba menjadi mahasiswa yang kritis dan berkarakter

9.833 Maba UGM Ikut PPSMB Tatap Muka, Pertama sejak Pandemik Covid-19 Prof. dr. Ova Emilia, M.Med., Ed., Sp.OG (K), Ph.D. terpilih sebagai Rektor UGM Periode 2022–2027. (ugm.ac.id)

Pada tahun ini, PPSMB UGM mengusung tema “Bakti Gadjah Mada, Pilar Intelektual Nusantara”. Rektor menerangkan, momentum PPSMB menjadi langkah awal bagi para Gadjah Mada Muda untuk memperkuat karakter ‘SANG JUARA’ yaitu pribadi yang santun, adil, nasionalis, gembira, jujur, unggul, amanah, religius, dan andal. 

“Saat menjadi seorang mahasiswa,  para Gadjah Mada Muda harus mulai menyadari peran dan tanggung jawab sebagai sosok pembelajar sejati. Memupuk semangat kolaborasi, membangun ketahanan diri, inovasi dan kemampuan beradaptasi, telah menjadi budaya belajar kaum intelektual, untuk merespon kompleksitas perkembangan lingkungan sosial,” papar rektor.

Harapannya, para Gadjah Mada Muda mampu mengembangkan kecerdasan, kemampuan berpikir kritis analitik, dan solutif, serta menjadi pribadi berkarakter selama menempuh pendidikan.

2. Sri Sultan inginkan mahasiswa buka dialog kebudayaan

9.833 Maba UGM Ikut PPSMB Tatap Muka, Pertama sejak Pandemik Covid-19 Sri Sultan Hamengku Buwono X. (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Dalam upacara pembukaan PPSMB, Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, turut hadir menyampaikan orasi tentang pentingnya kehadiran ruang dialog dan publik budaya kebudayaan mahasiswa. 

“Dengan menyelenggarakan dialog publik dan membangun ruang-ruang publik pada gilirannya akan memperkaya semangat ke-Indonesiaan kita,” ungkapnya.

Rangkaian pembelajaran PPSMB dilaksanakan selama enam hari, yaitu pada tanggal 1 - 6 Agustus 2022. Selanjutnya pada tanggal 7 - 13 Agustus 2022 mahasiswa akan mengikuti aktivitas praktik yang disebut sebagai action plan. 

 

Baca Juga: Sosiolog UGM Sebut Citayam Ide Brilian Tren Busana Anak Muda  

Baca Juga: Kisah Refi, Anak Petani Gunungkidul Dapat Kuliah Gratis di UGM

3. Tahun ini sebanyak 9.833 mahasiswa ikut PPSMB

9.833 Maba UGM Ikut PPSMB Tatap Muka, Pertama sejak Pandemik Covid-19 PPSMB Mahasiswa baru UGM 2022 / Humas UGM

Jumlah mahasiswa tahun ini terdiri atas 8.215 mahasiswa program sarjana dan 1.618 mahasiswa program sarjana Ttrapan, yang diterima melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, Seleksi Mandiri, serta Program Afirmasi Pendidikan Tinggi.

Mahasiswa baru UGM tahun 2022 berasal dari seluruh provinsi di Indonesia, serta beberapa negara lainnya seperti Malaysia dan Inggris. Sebanyak 19,20 persen mahasiswa baru UGM merupakan mahasiswa penerima bantuan KIP-K yang sebelumnya dikenal sebagai Beasiswa Bidikmisi.

Baca Juga: Berprestasi Main Catur, Anak Pengumpul Rongsok Kuliah Gratis di UGM  

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya